Sumber Energi Listrik Apa Saja?

Sumber Energi Listrik Apa Saja

Energi listrik sangat penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Tanpa listrik, berbagai peralatan dapur yang kita gunakan sehari – hari, alat elektronik yang dipakai berkomunikasi, alat – alat pabrik yang digunakan menunjang pekerjaan sampai dengan alat transportasi tidak akan berfungsi.

Karena itu kehadiran energi listrik sangatlah penting. Sumber energi listrik apa saja?

Ternyata, di sekitar kita ada banyak sekali sumber energi listrik yang dapat dimanfaatkan agar berbagai peralatan yang ada di sekitar kita teraliri arus listrik. Sumber energi listrik sendiri terbagi ke dalam sumber energi listrik buatan dan sumber energi listrik alternatif. Berikut penjelasannya!

Sumber Energi Listrik Apa Saja?

Sumber energi listrik merupakan pusat energi listrik bisa menyala. Kali ini kita akan membahas dulu sumber energi listrik buatan.

Ada berbagai macam sumber energi listrik buatan di sekitar kita yang dapat mengalirkan arus listrik, di antaranya:

Baterai

BateraiBaterai merupakan sumber energi listrik yang banyak digunakan untuk mengalirkan arus listrik pada berbagai macam peralatan atau perangkat seperti remote, jam, laptop, handphone, dan sebagainya.

Mengapa baterai bisa mengalirkan energi listrik?

Kamu bisa lihat pada bagian ujung baterai terdapat dua buah kutub yaitu kutub positif dan kutub negatif. Jika bungkus bagian luar dari baterai tersebut dibuka maka lapisan seng akan terbuka. Lapisan seng tersebut yang berfungsi sebagai kutub negatifnya.

Sementara kutub positifnya adalah batang arang yang terdapat di bagian tengah. Terdapat juga batang karbon pada baterai yang dikelilingi oleh serbuk hitam. Batang karbon yang dikelilingi oleh serbuk hitam tersebut yang berfungsi sebagai elektrolit.

Apa yang dimaksud dengan elektrolit?

Jadi, elektrolit merupakan suatu zat yang larut atau terurai ke dalam bentuk ion dan menjadi suatu konduktor elektrik. Bentuknya berupa serbuk dan membuat baterainya juga sering disebut sebagai elemen kering.

Pada bagian luar permukaan baterainya, kamu juga akan menemukan tulisan volt misalkan 1,5 volt yang berarti bahwa baterai tersebut bertegangan listrik 1,5 volt. Volt sendiri adalah satuan yang dapat digunakan untuk menyatakan tegangan listrik.

Akumulator (Aki)

Aki merupakan sumber energi listrik yang termasuk ke dalam sel sekunder karena tidak hanya dapat menghasilkan arus listrik melainkan juga dapat mengisi kembali arus listrik. SUmber listrik ini sering disebut sebagai elemen basah karena memang elektrolitnya berupa zat cair (Asam sulfat).

Aki memiliki bagian dalam yang terdiri dari lempengan timbal dan timbal peroksida yang kemudian dicelupkan pada larutan asam sulfat. Lempengan timbal pada aki terdiri dari pelat positif dan juga pelat negatif.

Pelat positifnya dibuat dari timbal peroksida, sementara pelat negatifnya dibuat dari logam timbal. Antara pelat positif dan pelat negatif tersebut diberi pemisah agar tidak saling bersinggungan karena jika bersinggungan dapat mengakibatkan terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting listrik.

Aki dapat menghasilkan arus listrik karena antara timbal dan timbal peroksida pada aki bereaksi dengan asam sulfat.

Dinamo dan generator

generator

Dinamo dan generator merupakan dua sumber energi listrik yang bekerja dengan cara serupa. Mereka  biasanya kita temukan pada sepeda dan berfungsi untuk menyalakan lampu sepeda.

Dinamo memiliki kumparan yang diletakkan di bagian tengah medan magnet. Kumparan tersebut akan berputar di dalam medan magnet dan menghasilkan suatu energi listrik. Kecepatan perputaran kepala dinamo akan berpengaruh terhadap arus listrik yang dihasilkan.

Semakin cepat kepala dinamo berputar, maka akan semakin besar juga energi listrik yang dihasilkan sehingga dinamo pada sepeda dapat mengubah energi gerak tersebut menjadi energi listrik.

Bagaimana dengan generator?

Sebagaimana yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa cara kerja generator hampir sama dengan cara kerja dinamo. Namun energi listrik yang dihasilkan generator jauh lebih besar dibandingkan energi listrik yang dihasilkan dinamo karena generator digerakkan oleh kincir besar atau turbin. Kincir atau turbin yang berputar tersebut memanfaatkan tenaga air atau dam yang dapat mengalirkan arus listrik.

Nuklir

Nuklir merupakan sumber energi listrik yang sangat besar. Energi nuklir ini dihasilkan dari suatu reaksi atom di dalam reaktor yang biasanya digunakan untuk membuat bom atom seperti yang pernah diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang hingga menimbulkan kerusakan parah pada masanya.

Selain bisa digunakan untuk membuat bom atom dalam konteks negatif, nuklir juga bisa dimanfaatkan dalam konteks positif sebagai pembangkit listrik. Penggunaan energi nuklir sebagai sumber listrik pun sangat bermanfaat karena tidak menimbulkan polusi.

Hanya saja potensi ledakan atau potensi kebocoran nuklir selalu ada dan hal tersebut perlu diwaspadai karena adanya ledakan atau kebocoran energi nuklir memberikan dampak yang sangat besar bahkan lebih besar daripada dampak polusi itu sendiri.

Sel surya

sel surya

Sel surya merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah energi panas dan cahaya dari matahari menjadi energi listrik. perangkat Sel surya biasanya dipasang di atap rumah untuk menangkap energi panas dan energi cahaya dari matahari agar dapat diubah menjadi energi  listrik.

Cara kerja sel surya sebenarnya cukup sederhana. Seperangkat alat Sel surya akan menangkap energi panas dan cahaya dari matahari kemudian menyimpannya di dalam elemen listrik hingga akhirnya dapat digunakan menyalakan lampu, berbagai peralatan rumah tangga, peralatan elektronik dan lainnya.

Hidro elektrik

Pernah mendengar kata bendungan? Nah, bendungan merupakan suatu bentuk dari hidro elektrik. Bendungan akan memutar turbin dengan memanfaatkan energi air dalam jumlah besar untuk mendapatkan sumber listrik.

Sumber Energi Listrik Alternatif

Sumber energi listrik alternatif merupakan sumber energi listrik yang timbul secara langsung dari proses alami di alam atau merupakan sumber energi alam yang dapat diubah menjadi sumber listrik. Ada banyak sumber energi listrik alternatif yang kita dapat temukan, di antaranya:

Energi Gelombang

Energi gelombang merupakan pemanfaatan gelombang laut pasang menjadi energi listrik yang membutuhkan anggaran besar karena reaktor harus dibangun terlebih dahulu untuk memanfaatkan sumber energi listrik alternatif ini.

Selain itu, kecepatan ombak yang tidak stabil juga seringkali menjadi kendala dari pemanfaatan energi gelombang sebagai sumber energi listrik.

Energi Angin

Energi Angin

Karena berasal dari angin, sumber energi ini tidak membutuhkan bahan bakar. Kecepatan anginlah yang akan menentukan seberapa besar daya yang dihasilkan nantinya. Semakin besar atau semakin kencang angin maka energi listrik yang tercipta juga akan semakin besar, dan sebaliknya.

Batu Bara

Batu bara termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga meski saat ini banyak dipakai namun tidak bisa dijadikan satu – satunya sumber energi yang dapat diandalkan. Selain itu, hasil pembakaran dari batu bara juga dapat menimbulkan asap yang dapat menyebabkan terjadinya polusi udara.

Panas Bumi

Kelebihan dari energi panas bumi adalah tidak akan pernah habis. Namun sayangnya, tidak banyak tempat di bumi yang bisa dijadikan tempat untuk menghasilkan energi dari sumber yang satu ini.

Kesimpulan

Sumber energi listrik di sekitar kita sangatlah banyak mulai dari yang termasuk sebagai energi alternatif sampai dengan yang tergolong ke dalam sumber energi listrik buatan. Semuanya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan kelistrikan manusia.

Leave a Comment

thirteen + eighteen =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

arus listrik rangkaian seri

Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Dalam dunia kelistrikan, kita mengenal dua istilah rangkaian listrik yaitu rangkaian listrik seri dan paralel. Kedua rangkaian listrik tersebut sangat bermanfaat dan penerapannya bisa kita

Read More »