Teknologi Komunikasi Masa Depan: Perubahan yang Tidak Bisa Kamu Abaikan

teknologi komunikasi masa depan

Di belahan bumi manapun, komunikasi memegang peranan penting terlepas dari bahasa apa yang digunakan. Seperti yang kita tahu, dunia didorong oleh komunikasi. Akan tetapi tahukah kamu jika evolusi terbaru dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan perubahan dalam cara berkomunikasi? Hal tersebut tidak hanya terjadi dalam hubungan manusia tetapi juga vertikal industri.

Berbicara tentang komunikasi masa depan, kita semua pasti sepakat jika transformasi digital merupakan inti dari komunikasi. Dengan adanya teknologi, transfer informasi dan data sangat mungkin dilakukan melalui manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.

Mengapa Teknologi Komunikasi Masa Depan Mendominasi Semua Industri dan Aspek Kehidupan?

Komunikasi merupakan hal vital di dalam setiap aspek kehidupan. Namun, kini kita membutuhkan lebih dari cara berkomunikasi konvensional. Itulah kenapa kini ada teknologi komunikasi yang memang penting dan bahkan mampu mendominasi semua aspek kehidupan dan sektor-sektor industri. Ya, teknologi komunikasi mampu memengaruhi berbagai area dalam kehidupan, bisnis, dan industri.

Tidak dapat dipungkiri jika teknologi meningkatkan efisiensi serta produktivitas sehingga mampu menaikkan pendapatan terutama dalam bisnis. Hal tersebut semakin diperkuat dengan implementasi jaringan nirkabel 5G serta kemampuan dari Internet of Things atau IoT.

internet of things

Dengan konektivitas yang lebih baik, 5G akan semakin mempercepat manusia berkomunikasi satu sama lain. Hal tersebut juga memengaruhi cara manusia berkomunikasi dengan mesin. Faktanya, komunikasi tidak hanya berlaku antara manusia tetapi juga dengan produk-produk teknologi yang menggunakan mesin.

Adapun beberapa hal yang mendorong terjadinya perubahan dalam berkomunikasi adalah kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya, bandwidth yang semakin meningkat, serta latensi rendah yang terkait dengan 5G yang memungkinkan telepresence hampir real-time di berbagai lokasi.

Teknologi memang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan manusia karena sangat bermanfaat. Salah satu buktinya adalah 5G dan Internet of Things (IoT) yang mampu membuka dunia serta peluang yang dapat diraih di masa depan. Kedua hal tersebut tidak begitu saja terjadi karena sudah dilihat dari smart city secara global. Dengan meningkatnya konektivitas, bukan tidak mungkin akan lebih banyak lagi aplikasi IoT di dalam kehidupan manusia termasuk laptop, smartphone, mesin, robotika, dan lain sebagainya yang terhubung ke jaringan internet.

Selain itu, dampak yang signifikan juga dapat kita rasakan dalam mengirim data atau informasi melalui jaringan yang juga merupakan bagian dari komunikasi masa kini. Kita dapat membagi teknologi komunikasi masa depan ke dalam tiga bidang, yaitu M2M atau mesin ke mesin, manusia ke mesin, dan manusia ke manusia. Berikut adalah rincian dari ketiga bidang tersebut.

Komunikasi Mesin ke Mesin (M2M)

Bagaimana antara mesin satu dengan lainnya dapat berkomunikasi? Pertanyaan seperti ini mungkin tiba-tiba muncul di benak kamu setelah mengetahui adanya M2M. Komunikasi M2M atau mesin ke mesin mengacu pada penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) dalam bertukar komunikasi antar perangkat jaringan agar dapat berfungsi secara otomatis dan real-time tanpa bantuan manusia.

Komunikasi Mesin ke Mesin (M2M)

Aplikasi M2M memproses dan menggunakan data untuk mendapatkan respon serta tindakan otomatis yang sudah terprogram. Mungkin ini terdengar seperti fiksi ilmiah, namun teknologi semacam ini sudah banyak digunakan dalam pemantauan secara remote atau jarak jauh.

Ada banyak pengaplikasian teknologi M2M yang dapat manusia gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk software remote-control, robotika, logistik, manajemen gudang, manajemen armada, dan masih banyak lagi.

Di sektor telekomunikasi, kita banyak memanfaatkan M2M untuk bekerja secara remote, manajemen penggunaan data, manajemen konektivitas, dan masih banyak lagi. Teknologi ini mampu menyediakan peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional serta meningkatkan pengambilan keputusan secara near real-time. Tidak hanya itu, ia juga mampu menghemat biaya serta meningkatkan pendapatan bisnis.

Teknologi komunikasi tentu saja digunakan di seluruh industri mengingat peran, fungsi, dan manfaatnya. Mereka yang bekerja di industri kesehatan mungkin sudah tidak asing dengan teknologi yang digunakan untuk memantau statistik pasien atau data penting lain secara real-time sehingga akan lebih mudah dalam memberikan obat-obatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Teknologi ini juga sangat berguna dalam melacak aset rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya termasuk peralatan, tempat tidur, dan masih banyak lagi. Penggunaan teknologi semacam ini juga kini mulai banyak digunakan dalam kebutuhan rumah tangga sehingga penggunanya dapat mengontrol peralatan rumah tangga dan penggunaan teknologi lainnya secara remote.

Lalu, kemana teknologi akan membawa kita di masa depan? Coba sejenak pikirkan kendaraan dengan kemudi otomatis, robotika cloud, dan produk teknologi lain yang sangat mungkin kita temukan di masa depan yang semakin mempermudah kehidupan.

Komunikasi Manusia dengan Mesin

Komunikasi manusia dengan mesin mengacu pada interaksi yang terjadi antara manusia dengan berbagai preangkat yang bekerja mengugnakan sensor dan aktuator. Komunikasi tersebut sangat mungkin terlebih dengan adanya artificial intelligence (AI) serta penggunaan chatbot, smart device, serta Internet of Things.

Komunikasi Manusia dengan Mesin

Dalam dunia bisnis, teknologi komunikasi ini digunakan untuk memberikan pengalaman positif kepada pelanggan. Siapa bilang jika interaksi antara manusia dengan mesin begitu aneh? Kita bahkan sudah menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook dan di website atau pun panggilan telepon, di mana kita berinteraksi dengan mesin seperti chatbot atau berbagai software pesan otomatis, bukan lagi dengan manusia.

Teknologi ini memungkinkan pelanggan mendapatkan informasi yang diperlukan lebih cepat sehingga mereka merasa bahwa mereka sedang berbicara dengan bisnis itu sendiri. Alhasil, pengalaman pengguna atau pelanggan akan semakin meningkat.

Informasi dan data yang diperoleh chatbot akan membantu bisnis melakukan perbaikan melalui insight tentang layanan pelanggan, pengalaman, masalah, dan peluang yang ada. Melalui informasi tersebut, bisnis dapat memahami basis pelanggan, keinginan, serta kebutuhan mereka. Dengan demikian, bisnis tahu apa yang harus dilakukan seperti memberikan pelayanan yang lebih efektif yang nantinya berdampak pada chrun rate pelanggan serta profit jangka panjang.

Komunikasi antara manusia dengan mesin bahkan mampu menciptakan sebuah tren dengan adanya berbagai perangkat yang dapat dipakai di badan. Perangkat tersebut kini banyak digunakan dan memberikan manfaat bagi manusia. Adapun perangkat tersebut di antaranya adalah smartwatch, smartphone, dan google glass yang membantu manusia melacak berbagai elemen kebugaran dan kesehatan. Bahkan perangkat tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di restoran.

Komunikasi Manusia dengan Manusia

Teknologi juga digunakan sebagai alat kolaborasi untuk manusia berkomunikasi. Bagaimana bisa? Selama masa pandemi Covid-19, coba ingat-ingat lagi teknologi apa saja yang kamu gunakan? Pandemik bukan sebuah alasan komunikasi terputus. Nyatanya, banyak pihak yang memanfaatkan teknologi seperti Zoom untuk layanan video konferensi, dan berbagai platform pesan singkat yang mempermudah komunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu.

Kemampuan teknologi tersebut juga memungkinkan bisnis untuk berjalan secara remote tanpa mengurangi peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial, sales yang tinggi, serta profit yang banyak. Semua bisa berjalan seperti biasa selama menggunakan akses jaringan yang aman.

Di masa mendatang, kita berharap teknologi dapat mengambil langkah yang lebih jauh terutama dalam hal virtual reality atau VR, teknologi 3D, dan hologram. Mungkin sebelumnya kamu tidak pernah membayangkan bagaimana teknologi komunikasi masa depan memungkinkan kamu untuk menghadiri meeting atau rapat dengan rekan-rekan satu tim yang berada di tempat dan lokasi berbeda bahkan di seluruh dunia.

Kesimpulan

Jika melihat kembali ke tahun 1990-an, tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi bagaimana teknologi telah berkembang sejak saat itu. Sekarang kita harus mampu memahami nilai teknologi komunikasi dan bagaimana teknologi tersebut dapat meningkatkan berbagai industri, bisnis, dan kehidupan kita secara umum. Masa depan teknologi komunikasi yang cerah serta berbagai kemajuan yang terjadi setiap hari memberikan peluang tanpa batas di setiap aspek kehidupan.

Leave a Comment

four × one =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

Sumber Energi Listrik Apa Saja

Sumber Energi Listrik Apa Saja?

Energi listrik sangat penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Tanpa listrik, berbagai peralatan dapur yang kita gunakan sehari – hari, alat elektronik yang dipakai berkomunikasi, alat

Read More »
%d bloggers like this: