Bisakah Sifat Magnet Dihilangkan?

Bisakah Sifat Magnet Dihilangkan

Ada banyak pembahasan menarik tentang magnet. Pertanyaan demi pertanyaan seputar magnet pun bermunculan. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang magnet adalah bisakah sifat magnet dihilangkan?

Bagaimana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita akan membahasnya dalam uraian seputar magnet berikut ini. Let’s check these out!

Bisakah Sifat Magnet Dihilangkan?

Bisakah Sifat Magnet Dihilangkan secara alami

Untuk menjawab pertanyaan bisakah sifat magnet dihilangkan? Jawabannya adalah bisa. Jadi suatu magnet atau bahan – bahan bersifat magnet yang telah diubah menjadi magnet bisa dihilangkan sifat kemagnetannya dengan berbagai macam cara.

Sementara untuk magnet alami, sifat kemagnetannya sulit dihilangkan karena biasanya magnet alami memiliki medan magnet yang sangat besar.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat magnet :

Dipukul

Cara menghilangkan sifat magnet yang pertama bisa dilakukan adalah dengan memukulnya. Kamu bisa memukul magnet dengan benda keras seperti palu atau dipukulkan ke dinding secara terus menerus.

Getaran atau benturan dalam jangka waktu lama tersebut dapat merusak tatanan materi pada sebuah medan magnet. Magnet juga bisa hilang sifat kemagnetannya jika dijatuhkan ke permukaan benda yang keras karena adanya gangguan fisik sehingga demagnetisasi terjadi.

Dipanaskan atau dibakar

Benda magnetik dapat berubah menjadi benda non magnetik jika dipanaskan. Salah satunya bisa dengan dibakar. Logam magnet yang dipanaskan atau dibakar tersebut melewati titik curie-nya. Titik curie adalah titik suhu ketika sifat kemagnetan suatu bahan magnetik dapat hilang secara permanen.

Hal tersebut terjadi karena suhu yang tinggi dapat membuat dipol magnet terlepas dari tatanannya dan membuat medan magnet menjadi kacau sehingga daya magnetiknya dapat hilang. Dengan begitu, energi panas berlebihan yang diperoleh bahan magnetik tersebut menghilangkan sifat kemagnetan bahan secara permanen.

Arus bolak – balik (AC)

Cara lain untuk menghilangkan sifat kemagnetan pada suatu medan magnet adalah dengan mengaliri benda yang memiliki sifat magnet dengan arus bolak – balik (AC) sampai sifat magnet yang melekat hilang.

Caranya dengan menggunakan arus AC (arus bolak – balik) melalui solenoida pada bahan magnetik atau suatu medan magnet dimulai dengan pengaliran arus listrik bolak – balik dari tegangan tinggi menuju ke tegangan rendah sampai berakhir pada tegangan nol secara bertahap.

Arus bolak – balik (AC) tersebut akan mengubah arah serta orientasi medan elektromagnetik secara bertahap serta membuat inti material di dalam magnet menjadi berantakan. Karena inti material di dalam magnet berantakan sehingga magnet tidak lagi bisa berfungsi sebagaimana mestinya karena sifat kemagnetannya sudah hilang.

Demagnetisasi alami

Demagnetisasi alami merupakan proses menghilangkan sifat magnet secara alami namun memerlukan waktu yang sangat lama. Terlebih pada magnet yang terbentuk secara alami bukan magnet buatan.

Sebenarnya seiring dengan berjalannya waktu, sifat magnet semakin lama semakin mengecil dan melemah dengan sendirinya sebelum akhirnya kekuatan magnet hilang secara keseluruhan.

Demagnetisasi alami pada magnet yang menghilangkan sifat dan kekuatan magnet terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor seperti :

  • Cara penyimpanan magnet
  • Posisi penyimpanan magnet
  • Suhu ruangan
  • Kelembaban udara tempat magnet berada atau disimpan

Ketika magnet disimpan di dalam tempat dengan tingkat kelembaban yang tinggi maka proses demagnetisasi alaminya akan terjadi lebih cepat karena proses korosi atau pengeroposan dialami sumber atau medan magnet tersebut.

Selain itu, magnet yang memiliki daya magnetik lemah jika disimpan dengan logam yang memiliki daya magnetik kuat atau tinggi juga dapat mempercepat proses demagnetisasi pada logam dengan daya magnetik yang lemah tersebut.

Lantas, mengapa sifat magnet dihilangkan?

Biasanya sifat magnet dihilangkan agar benda yang memiliki prinsip kemagnetan dan bekerja dengan prinsip kemagnetan tersebut tidak memiliki sifat kemagnetan lagi sehingga tak dapat tarik menarik dengan suatu benda atau bahan magnetik.

Seperti contohnya misalkan pada sebuah kotak pensil yang menggunakan magnet sebagai piranti penutup kotak, jika pemilik tidak ingin kotak pensil bisa menutup lagi maka magnetnya dilepaskan.

Manfaat Magnet Bagi Manusia

Manfaat Magnet Bagi Manusia

Magnet sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia. Berikut beberapa manfaat magnet untuk manusia :

Menarik benda dengan unsur logam

Sesuai artinya, magnet adalah benda atau unsur yang dapat menarik benda lain yang berunsur logam. Beberapa unsur logam yang dapat ditarik oleh magnet dan dapat kita temukan dalam kehidupan sehari – hari di sekitar kita di antaranya seperti obeng, tang, gunting sampai dengan alat derek atau alat pengangkut besi.

Menempelkan suatu benda

Pemasangan magnet pada suatu benda juga bermanfaat agar benda tersebut dapat menutup atau melekat dengan sempurna. Sebagai contoh benda yang menggunakan magnet agar bisa tertutup atau menempel adalah pintu kulkas dan juga kotak pensil.

Jadi, ada magnet yang diletakkan pada bagian pintu kulkas sehingga pintu kulkas dapat tertutup sempurna dan tidak mudah terbuka sehingga kualitas bahan yang tersimpan di dalamnya bertahan lama.

Prinsip magnet ini juga dapat kita temukan pada kotak pensil dimana biasanya terdapat magnet yang diletakkan di sisi atas dan bawah kotak pensil. Karena adanya magnet di sisi bawah dan atas kotak pensil maka kotak pensil dapat menutup dengan sempurna.

Jadi tidak semua kotak pensil menggunakan resleting, ada beberapa model kotak pensil yang menggunakan magnet agar tertutup seperti contohnya model kotak pensil bertingkat, kotak pensil rumah – rumahan atau kotak pensil mobil – mobilan yang sampai saat ini pun dapat  kita temukan dengan mudah di toko peralatan alat tulis. Biasanya anak SD atau TK sangat suka dengan model pensil seperti ini.

Sebagai alat navigasi

Salah satu alat navigasi adalah kompas yang fungsinya untuk menunjukkan arah angin. Di dalam kompas, terdapat jarum yang terbuat dari magnet dan berguna untuk menavigasi arah angin.

Prinsip magnet sebagai alat navigasi juga dapat kita temukan pada kapal sehingga nahkoda bisa mengetahui kemana arah kapal tersebut harus pergi atau berlayar. Demikian juga dengan pesawat terbang terdapat kompas yang menjadi penunjuk arahnya.

Menciptakan aliran listrik

Magnet nyatanya dapat memantik dan menciptakan aliran listrik. Hal tersebut terlihat dengan sangat jelas pada dinamo sepeda pada sepeda ontel. Dinamo sepeda digunakan untuk menghasilkan cahaya atau menghidupkan lampu.

Dinamo sepeda tersebut bergerak karena roda berputar ketika dikayuh sehingga dapat menciptakan suatu aliran listrik yang menyalakan atau menghidupkan lampu.

Mengubah energi

Kamu pasti tahu speaker handphone bukan? Nah, dari speaker handphone tersebut lagu atau suara dapat terdengar. Speaker pada handphone berfungsi karena adanya instrumen magnet. Magnet yang tersimpan di dalam speaker menjalankan fungsi sebagai alat pengubah energi listrik menjadi bunyi sehingga speaker dapat mengeluarkan suara.

Kesimpulan

Magnet alami atau buatan dapat dihilangkan. Namun cara menghilangkan magnet alami sangat susah dan butuh waktu yang sangat lama karena sifatnya permanen. Sementara magnet buatan dapat dihilangkan dengan beberapa cara yang sudah kami sebutkan di atas.

Itulah sedikit informasi dan pembahasan tentang bisakah sifat magnet dihilangkan? Semoga jawaban yang kami sampaikan menjadi informasi yang sangat bermanfaat.

Leave a Comment

eighteen − five =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

Sumber Energi Listrik Apa Saja

Sumber Energi Listrik Apa Saja?

Energi listrik sangat penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Tanpa listrik, berbagai peralatan dapur yang kita gunakan sehari – hari, alat elektronik yang dipakai berkomunikasi, alat

Read More »
%d bloggers like this: