ekosistem Internet of Things

5 Komponen Penting dalam Ekosistem Internet of Things

Internet of Things baru-baru ini sangat populer dan menjadi topik diskusi yang asik di kalangan pelaku bisnis teknologi. Lahirnya teknologi Internet of Things merupakan hasil dari tren transformasi digital yang terus mengalami perkembangan, sehingga mengubah dan mempengaruhi sisi konektivitas, bisnis dan cara hidup masyarakat. Terlepas dari itu, apa komponen penting dari ekosistem Internet of Things dan bagaimana dampaknya bagi bisnis secara keseluruhan?

Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu Ekosistem Internet of Things?

Agar bisa lebih memahami bagaimana IoT bisa berdampak pada bisnis, kita semua perlu memahami apa itu ekosistem Internet of Things? Sederhananya, Internet of Things bisa menghubungkan perangkat, benda dan software, yang nantinya akan saling berbagi informasi, berkomunikasi dan memungkinkan untuk melakukan tindakan melalui otomatisasi menggunakan kecerdasan buatan.

Internet of Things menurut para ahli merupakan teknologi yang mengesankan yang diciptakan manusia, teknologi ini terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan juga aplikasi yang melakukan interaksi dan terhubung satu sama lainnya dengan menggunakan koneksi internet serta teknologi cloud computing.

Konektivitas adalah pusat dari Internet of Things, maka dari itu teknologi ini menawarkan peluang terhadap pertumbuhan bagi perusahaan telekomunikasi.

Teknologi IoT bisa memungkinkan manusia untuk terhubung dengan beragam perangkat seluler dan mengelolanya dari satu tempat, serta mampu mengontrol lebih banyak perangkat dengan memanfaatkan jaringan internet yang tersedia.

Teknologi IoT dapat diimplementasikan untuk meningkatkan protokol keamanan, mengelola data, melacak dan memantau aset penting pribadi maupun perusahaan, untuk memanfaatkan mereka menjadi lebih produktif dan efisien.

Akan tetapi timbul pertanyaan, bagaimana IoT bisa melakukannya? Jawabannya tentu saja karena Internet of Things bekerja dengan beberapa komponen yang saling terhubung dengan sebuah jaringan interkoneksi, sehingga membentuk sebuah ekosistem IoT. Apa saja komponen tersebut? Mari kita cari tahu melalui pembahasan di bawah ini:

5 Komponen Penting Bagi Ekosistem Internet of Things

IoT tidak bekerja sendirian, teknologi ini memerlukan beberapa komponen lainnya dalam membantu operasional bisnis, menyederhanakan proses birokrasi pemerintahan, serta memudahkan konsumen dalam menentukan kebutuhkan. Komponen tersebut saling terhubung ke perangkat IoT, berikut 5 komponen penting bagi ekosistem IoT:

Sensor dan Aktuator

Komponen sensor dan aktuator adalah sumber data dari sebuah ekosistem IoT, sensor nantinya akan dihubungkan ke aset dalam bentuk alat mikro fisik yang tertanam nantinya di dalam perangkat IoT. Komponen sensor ini memiliki tanggung jawab dalam mengumpulkan data dan mengirim sinyal perintah ke aktuator.

Nantinya, aktuator akan merespon kembali sinyal perintah dan melakukan tindakan berdasarkan sinyal tersebut. Misalnya saja, bangunan kantor yang menggunakan sistem pendingin udara yang sudah menerapkan IoT, pendingin udara tersebut disetel dengan parameter suhu tertentu.

Sensor nantinya akan digunakan untuk memantau setiap perubahan suhu yang terjadi di lingkungan bangunan kantor, jika ada perubahan terdeteksi, maka sensor yang ada di dalamnya akan memberikan sinyal ke aktuator dan kemudian secara otomatis pendingin udara akan menyesuaikan aliran udaranya.

Konektivitas

Kita sudah membahasnya bahwa inti dari IoT adalah konektivitas, karena cara kerja teknologi IoT adalah memastikan komunikasi lancar antar perangkat dari mulai sensor, cloud dan aktuator.

konektivitas IoT

Konektivitas yang sering digunakan dalam Industrial IoT merupakan konektivitas internet nirkabel seperti jaringan 3G, 4G, 5G, hingga jaringan satelit komunikasi untuk perangkat IoT yang beroperasi di daerah yang tidak tercover jaringan seluler.

Agar bisa bekerja dan tetap terhubung, komponen konektivitas sangat diperlukan untuk media transportasi data yang dikumpulkan sensor ke sebuah cloud computing melalui sebuah protokol data yang disepakati bersama.

Sehingga mesin IoT bisa bekerja dengan maksimal dan lancar tanpa ada gangguan, maka dari itu komponen konektivitas sangat penting karena merupakan inti dari teknologi ini.

IoT Cloud Computing

Data setelah melewati protokol dan gateway IoT dengan konektivitas yang lancar, nantinya data akan dipindahkan ke Cloud. Cloud adalah ekosistem komputasi dan penyimpanan yang memiliki kinerja tinggi yang biasa digunakan untuk pemrosesan dan penyimpanan data.

Maka dari itu sebagian orang menyebut teknologi Cloud dengan Cloud Computing. Kita lanjutkan, data yang sudah disimpan di cloud, kemudian akan disaring, dikelola dan disimpan. Nah data tersebut nantinya akan digunakan oleh sistem untuk membuat analitik secara real time.

Analitik ini digunakan untuk pengambilan keputusan yang cepat terhadap data yang telah dikumpulkan dan menentukan tindakan apa yang nanti harus diambil selanjutnya.

Analisis dan Manajemen Data

Komponen analisis dan manajemen data digunakan untuk memahami data yang sedang diproses. Teknologi IoT dapat dengan cepat dan mudah menghitung data mentah yang nantinya dikumpulkan dan ditampung ke dalam sebuah analisa data yang bisa memberikan wawasan (insight), sehingga dapat menentukan tindakan selanjutnya berdasarkan data yang dimiliki.

Device dan Interface

Ini adalah komponen berikutnya yang mempengaruhi ekosistem IoT. Komponen ini digunakan bagi pengguna IoT untuk mengontrol sistem secara keseluruhan. Penggunaan biasanya dilakukan di perangkat itu sendiri atau dapat juga di kontrol dengan mudah menggunakan smartphone, tablet, atau laptop.

Manfaat Ekosistem Internet Of Things untuk Bisnis

manfaat IoT

Sistem IoT memang kompleks dan bergantung pada konektivitas dari masing-masing komponen. Tapi apa manfaat ekosistem IoT yang begitu kompleks tersebut bagi kebutuhan bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini:

Lebih Efisien dan Cepat

Ekosistem IoT dapat menyederhanakan proses dan model bisnis, sehingga menjadi lebih efisien dan bisa membuat tenaga kerja lebih produktif lagi. Dengan proses dan model bisnis yang efisien, Kamu dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan cepat.

Lahirnya Peluang Baru

Penggunaan Internet of Things nantinya akan melahirkan model bisnis dan peluang baru melalui otomatisasi dan penawaran layanan baru, diantaranya adalah smart building, telematika kendaraan, dan industri automation. Cara bisnis dan peluang baru akan terlahir menjadi lebih baik dan memberikan peningkatan revenue-stream bagi banyak bisnis karena adanya ekosistem IoT

Pengalaman Pelanggan Lebih Mudah Meningkat

Adanya ekosistem IoT bisa membantu pelaku bisnis dalam mendapatkan data, analitik, dan wawasan (insight) secara real-time. Data tersebut bisa digunakan pelaku bisnis untuk meningkatkan roduktifitas operasinal, variasi produk dan penawaran layanan yang lebih baik. Nantinya akan berdampak pada pengalaman pelanggan yang meningkat menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Internet of Things ketika digunakan dan dimanfaatkan dengan benar, maka bisa membantu Anda dalam meningkatkan operasional dan produktivitas bisnis. Sebaliknya, jika tidak dimanfaatkan dengan baik apalagi disalah gunakan, teknologi ini akan merugikan orang lain dan pelaku bisnis itu sendiri.

Dalam pemanfaatannya tidak lepas dari beberapa komponen seperti otomatisasi proses, manajemen dan penyimpanan data yang sudah dipaparkan dengan jelas di atas. Kami berharap selama beberapa tahun ke depan, akan lebih banyak bisnis yang memanfaatkan strategi IoT dalam menjawab setiap kebutuhan dan menawarkan solusi baru kepada konsumen.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

18 − eight =