Jenis-Jenis Pelampung Keselamatan yang Wajib Ada di Kapal

Jenis-Jenis Pelampung Keselamatan

Ketika berkunjung ke wisata rekreasi kolam renang atau lautan, pasti kamu pernah melihat adanya pelampung. Namun tahukah kamu ada beberapa jenis-jenis pelampung yang dapat kamu gunakan?

Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis pelampung yang umum digunakan di perairan.

Mari kita mulai!

Sekilas Tentang Pelampung dan Fungsinya 

Sekilas Tentang Pelampung

Pelampung adalah alat yang digunakan untuk membantu seseorang agar tetap mengapung di permukaan air. Kehadiran pelampung sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan orang yang berada di perairan. Baik itu di kolam renang atau pun di kapal laut.

Jenis-Jenis Pelampung Keselamatan

Ada berbagai jenis-jenis pelampung keselamatan yang tersedia saat ini, dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis pelampung yang umum digunakan:

1. Pelampung Berbentuk Cincin (Ring Life Buoys)

Pelampung yang pertama ini berbentuk seperti cincin besar atau ban mobil. Pada kapal laut, biasanya pelampung ini memiliki warna yang mencolok seperti oranye, kuning, atau merah 

Fungsi pelampung ini yaitu untuk mengapungkan orang yang jatuh ke perairan dalam. Warnanya yang mencolok akan mudah dikenali dan terlihat sehingga dapat memudahkan ketika proses evakuasi berlangsung. 

Pelampung jenis cincin ini biasanya terbuat dari gabus atau busa padat dan water resistant beberapa di antaranya juga ada yang tahan terhadap minyak. 

Pada beberapa jenis kapal laut, pelampung cincin ini biasanya dilengkapi dengan tali pengikat, lampu isyarat, dan peluit yang bertujuan untuk memudahkan ditemukan oleh tim penyelamat.

2. Jaket Penolong (Life Jackets)

Jaket penolong adalah jenis pelampung kedua yang umum terlihat di perairan. Bentuknya yang seperti rompi ini mudah dikenakan di tubuh dan nyaman ketika digunakan. 

Fungsi life jacket ini dapat membantu seseorang tetap mengapung dengan memastikan posisi wajah berada di atas permukaan air. Beberapa tipe jaket penolong ada yang terbuat dari busa atau bahan apung lainnya yang memudahkan penggunanya untuk tetap berada di atas permukaan air sehingga tidak tenggelam.

Pada kapal laut yang lebih mewah biasanya ada jaket pelampung yang menggunakan tabung gas kecil CO2 yang dapat mengembang jika ditarik pemicunya. Kemudian, jaket penolong ini juga biasanya memiliki warna yang cerah dan sabuk pengaman agar tidak terlepas dari tubuh pemakainya ketika mengalami guncangan.

3. Papan Pelampung

Jenis pelampung yang terakhir adalah papan pelampung. Papan pelampung merupakan salah satu jenis pelampung yang digunakan juga untuk menunjang peralatan renang bagi pemula.

Papan pelampung biasanya terbuat dari bahan busa atau plastik yang ringan dan tahan air. Jenis pelampung ini jarang ditemukan di kapal laut dan lebih sering digunakan untuk belajar berenang gaya katak maupun gaya bebas. 

Namun, ada beberapa kapal laut yang memiliki jenis pelampung ini untuk peralatan keselamatannya. 

Tips Seputar Pelampung

Tips Seputar Pelampung

Ketika kamu melakukan perjalanan laut atau berenang, pastikan untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini untuk mengetahui serba-serbi soal pelampung: 

  • Pilih Pelampung yang Sesuai

Sebelum kamu berenang atau berwisata menggunakan kapal laut, pastikan untuk memilih dan mengetahui jenis pelampung yang sesuai dengan ukuran dan berat badan kamu, ya! Ukuran  pelampung harus nyaman ketika kamu pakai dan tidak mengganggu atau membatasi gerak kamu secara berlebihan.

  • Ketahui Letak Pelampung

Jika kamu berada di kapal laut, pastikan kamu mengetahui letak alat keselamatan di laut tersimpan. Biasanya, pelampung terletak di tempat yang mudah untuk kamu jangkau. Jadi, ketika ada situasi darurat kamu sudah mengetahui di mana letak pelampung berada.

  • Jangan Panik Saat Kondisi Darurat

Jika kamu terapung di laut, cobalah untuk jangan panik dan tetap tenang. Ketahui jenis pelampung yang kamu kenakan, dan coba gunakan alat pendukung yang ada seperti peluit atau lampu senter kecil untuk meminta bantuan. 

Jaga tubuh kamu agar tetap hangat dengan menggerakkan anggota badan secara perlahan dan konstan. Lalu, jangan minum air laut karena dapat menyebabkan kamu dehidrasi dan keracunan.

Kesimpulan

jenis pelampung

Pelampung adalah alat keselamatan darurat dan juga alat bantu berenang yang sangat berguna. 

Ada beberapa jenis pelampung yang tersedia saat ini seperti, pelampung penolong berbentuk cincin, dan jaket penolong, dan papan pelampung. Setiap jenis pelampung ini memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu dan juga awak kapal untuk mengetahui jenis-jenis pelampung ini dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar agar keselamatan dirimu tetap terjaga.

Leave a Comment

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru