Cara Memulai Bisnis : Menjangkau Target Pelanggan dan Membangun Jaringan Pemasaran

menjangkau target pelanggan

Ketika akan memulai sebuah bisnis, Kamu perlu memikirkan bagaimana nanti mempromosikan produk ke pasar untuk bisa menjangkau target pelanggan yang potensial. Merek dan pemasaran merupakan hal terpenting yang mampu menunjang kesuksesan bisnis Kamu dalam menjangkau target pelanggan. Meski terkesan sepele namun kedua hal tersebut mampu membantu atau bahkan menghancurkan usaha tersebut.

Jadi sangat penting bagi Kamu untuk bisa memperhatikan dua hal tersebut demi kelangsungan bisnis yang hendak dirintis.  Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menganalisis pasar dan target pelanggan. Tak hanya itu saja, melalui artikel ini Kamu juga bisa belajar mengenai cara mempromosikan merek dan bagaimana memasarkan bisnis tersebut.

Menganalisis Pasar

riset dan analitik

Saat merintis bisnis penting untuk mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi target pasar. Cara yang bisa Kamu gunakan adalah riset dan analitik. Awali dengan melakukan riset terhadap target pelanggan dan para kompetitor. Kedua hal tersebut memiliki peranan yang cukup penting dalam menganalisis pasar. Namun ada banyak sekali faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Apa Itu Analisis Pasar

Analisis pasar sendiri merupakan proses pengumpulan informasi mengenai suatu pasar tertentu. Biasanya informasi yang harus Kamu kumpulkan terkait dengan faktor kualitatif dan kuantitatif. Mulai dari ukuran volume dan nilai, bagaimana pelanggan dan pesaing bertindak serta hambatan untuk mulai masuk ke pasar.

Analisis pasar juga memiliki peranan yang cukup penting dalam riset pasar secara menyeluruh. Hal semacam ini juga terbilang cukup membantu bisnis Kamu untuk bisa menentukan risiko dan peluang dalam ruang tertentu yang ingin mereka operasikan. Biasanya perusahaan akan melihat data primer dan sekunder yang mampu memberikan gambaran keseluruhan pasar.

Mengapa Perlu Melakukan Analisis Pasar?

Lalu apa sih pentingnya melakukan analisis pasar? Tujuan dari analisis pasar sendiri yakni untuk memberikan informasi sebanyak mungkin tentang ruang yang ingin Kamu masuki. Jika Kamu ingin mengeluarkan produk dan layanan baru penting untuk memastikan bahwa produk atau layanan tersebut memiliki peluang yang sukses.

Untuk bisa melakukannya Kamu perlu memahami kondisi tempat yang akan digunakan untuk beroperasi. Analisis pasar yang menyeluruh juga mampu memberikan Kamu mengenai beberapa wawasan berikut ini:

  • Siapa pelanggan potensial Kamu serta apa kebiasaan belanja dan pembelian mereka.
  • Seberapa besar target pasar Kamu dalam hal volume dan nilai.
  • Berapa banyak calon pelanggan yang bersedia membayar untuk produk atau layanan tersebut.
  • Siapa saja pesaing Kamu dan apa ketakutan serta kelemahan mereka.

Pada dasarnya hal ini merupakan bagaimana cara Kamu untuk bisa memahami risiko dan peluang yang ada. Faktor-faktor tersebut juga penting untuk dipahami, baik itu untuk menunjukkan kepada investor potensi bisnis ataupun merencanakan strategi branding dalam pemasaran Kamu.

Bagaimana Cara Untuk Melakukan Analisis Pasar?

Seperti yang sudah Kamu duga, ada banyak sekali detail yang perlu Kamu perhatikan ketika melakukan analisis pasar. Bagi Kamu yang sedang ingin memulai bisnis untuk pertama kali, berikut merupakan beberapa langkah utama yang bisa Kamu pertimbangkan ketika melakukan analisis pasar.

Jelajah Demografi

Ketika melihat demografi dan segmen yang Kamu minati ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Hal yang perlu dijadikan pertimbangan utama adalah apakah Kamu berharap untuk berpotensi di skala lokal, nasional atau internasional. Hal ini tergantung pada keputusan yang dibuat. Keputusan ini mempengaruhi demografi yang harus diteliti.

Selain itu faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah potensi volume dan nilai pasar. Kira-kira berapa banyak pelanggan potensial yang Kamu miliki dan berapa nilai pasarnya? Dalam hal ini Kamu bisa menggunakan riset primer seperti survei dan wawancara serta data sekunder seperti laporan pasar untuk bisa memperkirakan faktor-faktor tersebut.

Mengidentifikasi Target Pasar dan Kebutuhan Pasar Kamu

Target pasar merupakan pelanggan yang Kamu harapkan untuk bisa menjual produk dan layanan dari bisnis tersebut di dalam pasar. Penting bagi Kamu untuk mempertimbangkan berbagai tipe orang yang mungkin tersedia membeli produk atau layanan tersebut.

Persona pelanggan terbilang cukup berpengaruh dalam kelangsungan bisnis yang akan dibangun. Selain itu kebutuhan pasar juga mengacu pada permintaan terkait dengan produk atau layanan Kamu. Memahami pasar juga terbilang cukup membantu karena mampu menunjukkan kepada para investor bahwa ada ruang bagi Kamu untuk sukses di pasar.

Perhatikan Kompetisinya

Selain beberapa hal di atas penting juga bagi Kamu untuk mempertimbangkan pasar lainnya. Kira-kira siapa yang akan menjadi lawan Kamu dalam bisnis tersebut. Penting untuk memahami pasar dengan detail.

Mulai dari siapa pemain saat ini dan siapa yang menjadi pesaing langsung Kamu. Jangan lupa untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka. Jika sudah mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka Kamu bisa membandingkan produk dan layanan Kamu dengan produk dan layanan para kompetitor.

Pastikan untuk mengumpulkan banyak data mengenai pesaing berdasarkan catatan dan siaran pers yang tersedia untuk umum. Wawancara pelanggan juga terbilang cukup membantu. Gabungan dari keduanya bisa memberikan gambaran mengenai bagaimana Kamu harus tampil menawan pada kompetisi tersebut.

Pertimbangkan Hambatan untuk Masuk Pasar

Jika sudah mengetahui kekuatan dari ide bisnis tersebut, penting juga bagi Kamu untuk mengetahui apa yang menghentikan orang lain segera memasuki pasar dan mengambil pelanggan Kamu. Penting untuk mengetahui apa hambatan dalam bisnis tersebut dan bagaimana Kamu perlu mengatasinya dan bagaimana cara untuk berkembang.

Selain itu Kamu juga perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat industri yang hendak digeluti. Mulai dari investasi, teknologi, regulasi pasar dan lokasi. Pastikan untuk mempertimbangkan masing-masing faktor tersebut dengan hati-hati ketika Kamu melakukan analisis pasar.

Menjangkau Target Pelanggan

cara menjangkau target pelanggan

Pertimbangan penting yang perlu dilakukan ketika memikirkan cara memulai bisnis adalah bagaimana cara menjangkau target pelanggan bisnis Kamu. Melakukan promosi mengenai produk atau layanan yang Kamu tawarkan terbilang cukup penting.

Namun, sebelum itu pastikan Kamu sudah memiliki rencana tentang bagaimana cara melakukan promosi tersebut. Poin ini akan membahas secara spesifik mengenai bagaimana cara branding dan pemasaran. Jadi Kamu bisa fokus pada beberapa cara untuk merencanakan aktivitas penargetan pelanggan berikut ini.

Fokus Pada Kebutuhan Mereka

Pada poin ini penting bagi Kamu untuk mencari tahu siapa target pelanggan Kamu. Penting bagi Kamu untuk mengetahui persona para pelanggan dan mengetahui berbagai jenis orang yang coba ingin dijangkau. Selain itu ketahui pula kira-kira apa yang mereka inginkan.

Penting juga untuk mempertimbangkan kebutuhan yang akan ikut mendorong para calon pembeli untuk membeli produk atau layanan dari bisnis Kamu. Pikirkan pula mengenai apa yang saat ini mencegah pelanggan tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka. Apakah karena harga, aksesibilitas atau fakta jika mereka tidak mengetahui kemungkinan solusi.

Setelah itu Kamu bisa mempertimbangkan bagaimana pelanggan tersebut dapat melihat bisnis Kamu. Cari tahu pula bagaimana mereka bisa tahu produk atau layanan yang ditawarkan dan apa yang akan meyakinkan mereka untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Berbicara dengan Para Pelanggan

Semakin memikirkan mengenai bagaimana cara menjangkau target pelanggan,  Kamu juga perlu memikirkan seberapa penting bagi mereka bukan hanya sekedar untuk diri sendiri saja. Pastikan untuk mengetahui apa yang penting bagi audiens target dan memikirkan bagaimana Kamu bisa berbicara dengan mereka dalam hal dan topik yang sama.

Meski poin ini termasuk ke dalam branding dan pemasaran namun juga penting untuk direncanakan. Bagaimana Kamu bisa terlibat dengan para pelanggan? Layanan apa yang kira-kira mampu menarik mereka? Serta bagaimana Kamu akan membangun kepercayaan dan kredibilitas yang akan mengamankan bisnis tersebut?

Tentukan Saluran Pemasaran yang Tepat

Sebelum mulai merencanakan aktivitas pemasaran dan membangun merek, Kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk bisa menjangkau target pelanggan. Saat ini ada banyak jenis saluran pemasaran yang bisa dimanfaatkan. Baik itu tradisional maupun digital. Akan percuma merencanakan pemasaran online tapi mayoritas pelanggan tidak sering menggunakan internet.

Data dan analitik mampu berperan besar dalam membantu Kamu untuk menentukan saluran yang tepat untuk dijangkau target pelanggan. Ada banyak sekali informasi di luar sana yang bisa Kamu dapatkan. Jadi pastikan untuk menelusuri bagaimana audiens target Kamu berbelanja dan meneliti cara pembelian mereka.

Branding dan Pemasaran

branding dan pemasaran

Setelah mengetahui bagaimana dan di mana Kamu bisa menjangkau pelanggan target tersebut, inilah waktunya untuk mulai memikirkan mengenai bagaimana cara untuk bisa memantapkan diri sendiri dalam memasarkan produk dan layanan tersebut kepada para pelanggan. Hal ini juga merupakan hal yang membutuhkan perencanaan cermat.

Tak hanya akan membantu Kamu untuk bisa menjangkau target pelanggan yang sudah ditentukan saja. Namun poin ini juga mampu menunjukkan kepada para calon investor atau pemberi pinjaman jika Kamu sudah mempersiapkan diri dengan tepat.

Merek

Orang sering menganggap sepele branding dan pemasaran. Sebenarnya keduanya merupakan hal yang berbeda dan perlu untuk dipertimbangkan. Pemasaran dan perikanan berfokus untuk mempersiapkan bisnis Kamu dan menyebarkan berita mengenai produk dan layanan tersebut. Sedangkan branding bagian yang lebih internal dan mampu menentukan arah bisnis Kamu.

Apa Itu Branding?

Tanya ada banyak sekali cara untuk menggambarkan merek dan apa artinya. Secara garis besar merek merupakan identitas diri Kamu yang akan dilihat oleh para pelanggan. Merek juga merupakan janji Kamu kepada para pelanggan mengenai apa yang akan mereka dapatkan ketika mereka memilih produk dan layanan bisnis Kamu di atas yang lain.

Faktor dalam sebuah merek adalah mampu mencerminkan nama dan logo dari bisnis Kamu. Hal ini merupakan reputasi Kamu dan bagaimana cara pelanggan untuk bisa menggambarkan produk dan layanan tersebut kepada orang lain. Mesti ada banyak sekali faktor yang bisa Kamu kendalikan melalui merek, namun ada juga beberapa faktor lain yang sulit untuk dikendalikan.

Mengapa Ini Penting?

Branding merupakan apa yang membuat Kamu bisa diingat dan menonjol di tengah keramaian. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015 hampir 60% pembeli secara aktif membeli dari merek yang mereka kenal. Hal ini juga memungkinkan para pelanggan dan klien untuk bisa mendapatkan ide yang kuat mengenai apa yang diharapkan dari bisnis Kamu.

Lantas apa saja sih manfaat yang bisa Kamu dapatkan terkait dengan branding yang dilakukan?

  • Mendorong Pelanggan Baru – Dengan menciptakan citra merek yang kuat Kamu juga mampu menarik pelanggan baru untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan. Semakin mapan merek tersebut semakin banyak pula nilai yang dimiliki dan semakin banyak pula kesan positif yang akan diberikan.
  • Meningkatkan Kesadaran – Jika seseorang telah mendengar mengenai merek Kamu dan dapat dengan mudah mengenali, maka mereka cenderung akan mengingatnya. Ketika datang untuk membuat sebuah keputusan pembelian, kepercayaan terhadap merek juga akan sangat mempengaruhinya.
  • Menciptakan Kepercayaan – Jika pelanggan dan klien memiliki hal-hal baik untuk dikatakan mengenai merek Kamu, maka akan semakin besar kemungkinan mereka untuk merujuk bisnis baru ke arah Kamu. Selain itu ketika mereka memiliki pengalaman yang baik selama berinteraksi dengan merek Kamu, maka mereka juga akan menjadi pelanggan tetap.
  • Iklan Lebih Mudah Melalui sebuah branding yang jelas dan konsisten, Kamu bisa dengan lebih mudah membuat materi pemasaran dan promosi terkait dengan pesan yang kohesif. Nantinya apakah Kamu akan melakukan pemasaran sendiri atau meminta karyawan untuk melakukannya. Branding akan membuat proses pengiklanan menjadi jauh lebih mudah.

Bagaimana Cara untuk Membangun Merek?

Membangun sebuah merek merupakan bagian terpenting dari cara memulai sebuah bisnis. Namun hal ini juga harus dilakukan secara berkelanjutan dan akan menyita pemikiran dan perhatian cukup banyak. Meski demikian pada dasarnya hal ini bisa dipecahkan dengan tiga cara berbeda melalui hal berikut ini.

  • Strategi – Kamu perlu memulai dengan mengidentifikasi bagaimana bisnis tersebut berbeda dari persaingan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan Persona pelanggan Kamu. Setelah itu pikirkan tentang tujuan dan janji Kamu terhadap mereka. Pertimbangkan pula bagaimana Kamu akan menyelesaikan masalah tersebut bagi pelanggan.
  • Identitas – Langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah mempertimbangkan bagaimana orang melihat bisnis tersebut. Pada poin ini hal-hal visual seperti nama perusahaan, visual pesan dan cerita Kamu akan sangat berperan. Pastikan untuk membangun pesan yang konsisten dan bisa dikenali apapun format yang digunakan.
  • Pemasaran – Jika strategi dan identifikasi Kamu sudah siap, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana Kamu akan menggunakan branding ini untuk bisa terhubung dengan para pelanggan.

Pada poin ini penting bagi Kamu untuk mempertimbangkan bagaimana merek tersebut mampu diterjemahkan ke berbagai saluran pemasaran. Selain itu pikirkan pula bagaimana Kamu akan menggunakan branding untuk bisa membangun kesadaran akan bisnis tersebut.

Pemasaran

Upaya pemasaran juga akan membantu Kamu untuk bisa membangun kesadaran merek, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Oleh sebab itu penting bagi Kamu untuk bisa menemukan ide ketika merencanakan cara memulai sebuah bisnis.

Pemasaran merupakan bentuk seni. Jadi penting bagi Kamu untuk bisa memahami prinsip dan praktik dari pemasaran dasar yang akan menguntungkan bagi perusahaan di masa mendatang. Nah berikut merupakan hal-hal seputar pemasaran yang perlu Kamu lakukan.

Strategi Pemasaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu bagaimana Kamu ingin mendekati upaya pemasaran. Sebelum memikirkan secara spesifik, pertimbangkan keseluruhan tujuan dan visi perusahaan Kamu. Ada banyak data dan penelitian yang akan bermanfaat pada poin ini. Ini dia beberapa strategi pemasaran yang bisa Kamu pertimbangkan.

  • Produk dan layanan apa yang ditawarkan dari bisnis Kamu
  • Bagaimana cara Kamu untuk bisa memposisikan diri di pasar
  • Siapa target pelanggan dan pesaing Kamu
  • Branding seperti apa yang akan Kamu gunakan
  • Rencana untuk tujuan dan anggaran Kamu

Pada dasarnya hal tersebut merupakan gambaran umum mengenai bagaimana upaya pemasaran yang ideal. Pada dasarnya beberapa poin di atas merupakan bagian dari rencana bisnis yang bisa dipertimbangkan untuk situasi Kamu saat ini dan masa depan.

Gunakan Media Iklan yang Berbeda

Belakangan ini pemasaran secara digital merupakan salah satu cara yang kerap dipilih bagi Kamu yang ingin menjangkau pelanggan. Meski demikian perlu diingat jika hal ini bukanlah satu-satunya pilihan yang bisa Kamu coba.

Penting bagi Kamu untuk memilih berbagai media iklan yang berbeda untuk memaksimalkan target pelanggan. Nah berikut merupakan beberapa saluran iklan yang cukup populer dan bisa Kamu jelajahi untuk menggapai target pelanggan. Apa saja ya?

  • Media Sosial – Pemasaran lewat media sosial merupakan salah satu bidang yang sedang berkembang pesat belakangan ini. Pasalnya sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakan beberapa bentuk media sosial karena dirasa lebih praktis dan efisien. Pemasaran melalui media sosial juga bisa menjadi jalan terbaik yang bisa Kamu coba.
  • Situs Web Perusahaan – Kamu juga bisa melakukan pemasaran melalui situs website resmi perusahaan. Sebelum itu pertimbangkan dulu apakah Kamu ingin membangunnya sendiri atau meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Situs web juga bisa membantu untuk membangun merek dan menjual produk dan layanan Kamu.
  • Kampanye via E-mail – Bukan jadi rahasia lagi jika lebih dari 50% populasi di dunia sudah menggunakan e-mail. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba menargetkan audiens Kamu menggunakan metode yang satu ini.
  • Iklan PPC – Sebenarnya apa sih iklan PPC itu? PPC merupakan iklan bayar per klik yang mampu membantu Kamu untuk bisa muncul di bagian atas mesin pencari seperti Google. Apabila Kamu memiliki anggaran lebih, ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini. Iklan PPC terbilang cukup berguna agar orang lain bisa melihat bisnis Kamu.
  • Media Cetak – Selain beberapa cara di atas Kamu juga bisa menggunakan media cetak untuk menargetkan para pelanggan yang sering menggunakan majalah untuk menemukan apa yang mereka cari. Pastinya Kamu ingin muncul pada publikasi semacam itu untuk bisa dilihat target pelanggan tersebut bukan?
  • Konten Pemasaran Jika memilih cara ini pastikan Kamu membuat konten yang berharga dan menarik untuk bisa berhubungan dengan para pelanggan. Baik itu menggunakan artikel, video podcast atau konten lainnya untuk bisa meningkatkan kesadaran mereka akan merek dari bisnis Kamu.
  • SEO – Jika usaha bisnis Kamu termasuk bisnis lokal, tak ada salahnya untuk mengoptimalkan mesin penelusuran SEO untuk bisa membantu agar bisnis Kamu bisa tampil pada bagian atas hasil penelusuran tanpa harus membayar iklan.

Tujuan dan Anggaran

Salah satu hal utama dalam merencanakan cara memulai sebuah bisnis adalah berapa banyak biaya aktivitas pemasaran yang harus Kamu keluarkan. Selain itu pikirkan pula apa yang Kamu inginkan dari laba atas investasi tersebut. Berikut merupakan bagian-bagian penting yang perlu Kamu pertimbangkan saat menyusun tujuan dan anggaran.

  • Tetapkan Tujuan SMART – Tujuan yang Kamu buat harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan berbasis waktu. Dengan menetapkan tujuan yang SMART, hal ini akan membantu Kamu dan para investor untuk bisa melihat seberapa besar target yang harus dicapai.
  • Pisahkan Menurut Kategori – Setiap jenis saluran pemasaran tentu akan dikenakan biaya dengan jumlah yang berbeda. Jadi penting untuk membuat rincian berapa banyak anggaran yang harus direncanakan untuk masing-masing kategori tersebut. Selain itu jangan lupa perhatikan berapa banyak yang bisa Kamu harapkan dari aktivitas itu.
  • Siapkan Anggaran Tak Terduga – Selama menjalankan proses pemasaran akan selalu ada banyak biaya tambahan yang perlu Kamu perhitungkan. Jadi pastikan untuk memasukkan biaya tersebut ke dalam anggaran yang sudah Kamu buat.

Analitik

Pada poin terakhir dari proses pemasaran penting bagi Kamu untuk bisa mengukur seberapa sukses tindakan tersebut mampu membuat perubahan. Analitik merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Keterampilan yang satu ini juga akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis Kamu.

Pasalnya kemampuan yang satu ini memungkinkan Kamu untuk bisa mendapatkan semua jenis wawasan mengenai target pelanggan. Mulai dari bagaimana cara mereka berbelanja dan bagaimana mereka menanggapi upaya proses pemasaran yang sudah Kamu lakukan.

Kesimpulan

Itu dia ulasan mengenai cara menjangkau target pelanggan, membangun merek, dan pemasaran saat memulai suatu usaha. Selain itu pastikan untuk menerapkan beberapa poin di atas agar bisnis Kamu bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa lakukan analisis terhadap data yang sudah Kamu kumpulkan untuk membantu membuat keputusan yang tepat terhadap bisnis dan aktivitas pemasaran yang akan dilakukan.

Leave a Comment

19 − 14 =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

arus listrik rangkaian seri

Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Dalam dunia kelistrikan, kita mengenal dua istilah rangkaian listrik yaitu rangkaian listrik seri dan paralel. Kedua rangkaian listrik tersebut sangat bermanfaat dan penerapannya bisa kita

Read More »