Keterampilan yang Harus Dimiliki untuk Memulai Bisnis Startup

Memulai Bisnis Startup

Bisnis merupakan sebuah seni yang butuh keterampilan khusus supaya bisnis tersebut bisa maju, terutama untuk bisnis rintisan atau startup. Sebuah survei memiliki hasil yang mengejutkan karena ada sebanyak 20% bisnis gagal di awal tahun pertama sehingga jika Kamu ingin memulai sebuah startup tentu harus melakukan beberapa hal supaya bisnis rintisan yang Kamu kelola bisa bertahan dan berkembang.

Namun bagaimana cara menemukan keterampilan yang dibutuhkan dan bagaimana cara mengasah keterampilan tersebut?. Sebagus apapun ide yang Kamu miliki dan seberapa besarpun pengetahuan Kamu tentang sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa didukung oleh keterampilan yang mumpuni.

Keterampilan yang dibutuhkan dalam bisnis mulai dari keterampilan berkomunikasi hingga pengembangan web dan manajemen keuangan penting untuk dikuasai sebagai alat untuk meraih kesuksesan. Dengan bekal keterampilan yang mumpuni Kamu akan bisa bersaing dengan para kompetitor bisnis startup.

Apa itu Startup?

Dalam bahasa Indonesia startup merupakan bisnis yang baru saja dimulai atau bisnis baru. Startup biasanya merupakan bisnis rintisan yang belum lama berjalan dengan kurun waktu di bawah 5 tahun. Hal ini berarti sebuah bisnis yang masih dalam fase penelitian atau pengembangan untuk menemukan pasar dan mengembangkan sebuah produk bisa dikatakan sebagai bisnis startup.

Biasanya bisnis startup mengacu pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Bisnis startup juga sangat berbeda dengan bisnis-bisnis pada umumnya yang biasanya menduplikasi atau melakukan bisnis berbekal dari template yang sudah ada akan tetapi pada bisnis startup para pengusaha akan berusaha menyempurnakan template yang sudah ada atau bahkan menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Para pelaku bisnis startup akan terus melakukan inovasi sehingga tidak jarang membuat pebisnis besar yang sudah lebih lama berkecimpung di bidang tertentu menjadi merasa terganggu.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Baru?

mambangun bisnis startup

Tentu Kamu sudah tidak asing dengan bisnis berbasis teknologi yang berhasil mengubah dunia seperti Facebook, Amazon, Netflix, Apple dan Google. Melihat kesuksesan perusahaan-perusahaan tersebut tentu memulai sebuah bisnis startup bisa menuntun Kamu ke puncak kesuksesan.

Merintis sebuah bisnis bukan sesuatu yang buruk setelah berakhirnya covid-19. Saat pandemi Kamu bisa melihat sendiri bahwa perusahaan kecil hingga besar sekalipun tumbang dan tidak mampu bertahan. Hal tersebut membuat ribuan bahkan jutaan orang kehilangan pekerjaan. Dengan memulai usaha sendiri maka Kamu akan bisa menghilangkan ketergantungan dengan pihak lain terutama untuk masalah pekerjaan.

Tentu saja sebelum memulai sebuah bisnis Kamu harus memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, Kamu harus memiliki ide untuk bisnis Kamu. Setelah menemukan ide yang tepat selanjutnya Kamu harus mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin saja muncul selama menjalani bisnis dan bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Ide bisnis baru bisa berupa penyempurnaan dari produk dan layanan yang sudah ada atau bahkan menemukan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Setelah menemukan ide, Kamu harus mulai mulai menulis rencana bisnis dan mendeskripsikannya secara detail.

Pendanaan merupakan masalah terbesar yang dihadapi oleh kebanyakan bisnis startup saat baru memulai.

Pendanaan merupakan salah satu kunci sukses yang bisa diperoleh dengan cara meminjam bank ataupun menggaet investor. Setelah menemukan solusi untuk masalah pendanaan, selanjutnya Kamu harus menyusun strategi pemasaran bagaimana cara memasarkan produk Kamu pada calon pelanggan. Strategi pemasaran dan merek dagang adalah hal penting dalam sebuah bisnis startup.

Tentu selain hal itu masih ada banyak lagi sesuatu yang harus Kamu kuasai akan tetapi memulai bisnis dengan beberapa hal tadi akan membuat Kamu memiliki sebuah awal yang bagus. Seiring dengan berjalannya waktu, Kamu akan bisa mengevaluasi serta menyusun rencana baru untuk memajukan bisnis dan menemukan solusi untuk masalah-masalah yang timbul. Agar startup Kamu semakin maju tentu Kamu harus memiliki keterampilan bisnis yang mumpuni.

Apa itu Skill Bisnis?

skill bisnis

Skill bisnis merupakan keterampilan yang akan sangat membantu seseorang dalam memahami pelanggan dan perilaku organisasi serta memanfaatkan informasi tersebut untuk mempromosikan perusahaan supaya bisa meraih keberhasilan. Skill bisnis biasanya dianggap sebagai soft skill yang meliputi beberapa hal. Berikut ini adalah keterampilan-keterampilan yang harus Kamu kuasai supaya bisnis startup bisa meraih kesuksesan.

Mungkin beberapa keterampilan di bawah ini sudah Kamu kuasai, akan tetapi jika dikembangkan dan diasah maka akan sangat berguna untuk kemajuan bisnis Kamu. Bahkan beberapa diantaranya akan sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

Keterampilan Umum untuk Startup dan Bagaimana Cara Membangunnya

Di sini kami akan membahas beberapa keterampilan umum yang sangat diperlukan untuk sebuah bisnis startup, termasuk di dalamnya adalah soft skill yang merupakan keterampilan yang bisa datang melalui pengalaman-pengalaman yang telah dilewati di pekerjaan sebelumnya. Tentu saja Kamu harus mengembangkan dan melakukan upgrade terhadap pengalaman-pengalaman tersebut untuk meningkatkan potensi kesuksesan.

Rasa Ingin Tahu

Inovasi biasanya datang dari pemikiran yang out of the box. Rasa ingin tahu mungkin sering diabaikan akan tetapi dalam menjalankan sebuah bisnis startup proses belajar, pencarian dan pemikiran merupakan hal yang sangat penting untuk bisa menemukan solusi-solusi terbaik untuk masalah yang muncul selama menjalankan bisnis. Sebuah bisnis baru bisa berkembang karena adanya ide yang muncul dari pengembangan rasa ingin tahu sehingga mampu mendorong inovasi dan perubahan.

Komunikasi yang Efektif

Keterampilan dalam berkomunikasi di tempat kerja akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan hubungan antar rekan kerja. Komunikasi secara lisan maupun tertulis yang efektif juga akan sangat berguna dalam membangun hubungan yang solid dengan pelanggan maupun rekan bisnis Kamu. Cara Kamu berkomunikasi harus mampu mencerminkan citra dari startup yang ingin Kamu tampilkan.

Resiliensi

Resiliensi atau ketangguhan dalam memulai sebuah bisnis startup wajib Kamu miliki untuk menghadapi penolakan-penolakan yang mungkin saja muncul saat bisnis baru saja dimulai. Kamu harus bisa mengatasi penolakan-penolakan tersebut dan jangan biarkan hal itu membuat Kamu menjadi lemah.

Resiliensi merupakan kemampuan seorang pebisnis dalam menghadapi masalah yang muncul dan mencegah hal-hal tersebut agar tidak merugikan bisnis yang Kamu jalankan. Ada beberapa pebisnis yang berhasil keluar dari keterpurukan dengan cara menghadapi dan mengatasinya, namun tidak sedikit juga pebisnis yang gagal bangkit dari keterpurukan atau situasi sulit.

Seorang pebisnis harus benar-benar tangguh dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dan tekanan yang muncul selama menjalankan bisnis. Tentu hal itu bukanlah sesuatu yang mudah akan tetapi seorang pebisnis yang sesungguhnya pasti memiliki ketangguhan di atas rata-rata dan tidak membiarkan kesulitan dan tekanan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan.

Kesabaran merupakan kunci utama dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul dalam bisnis. Jadilah tangguh dalam menghadapi setiap kesulitan dan Kamu akan hasil yang menggembirakan.

Kreativitas

Semua bisnis startup harus berinovasi dan berbeda dari bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya. Apabila produk dan layanan yang Kamu tawarkan memiliki kesamaan dengan produk yang telah tersedia di pasaran, lalu apa alasan kuat orang untuk menggunakan produk dari Kamu? di sinilah kreativitas dibutuhkan.

Meningkatkan kreativitas supaya menjadi lebih inovatif akan membuat Kamu menemukan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk memberikan nilai lebih pada produk yang Kamu tawarkan.

Keterampilan Bisnis untuk Startup dan Bagaimana Cara Membangunnya

cara membangun bisnis startup

Setelah Kamu berhasil menguasai keterampilan umum di atas lalu melengkapinya dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam di setiap bidangnya maka Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk fokus pada bisnis startup Kamu. Berbeda dengan keterampilan umum yang biasanya berupa soft skill keterampilan bisnis biasanya berbentuk hard skill seperti SEO marketing ataupun pemrograman.

Ketika memulai sebuah bisnis startup, Kamu tentu sebelumnya melakukan analisa bisnis terhadap persaingan dengan startup-startup lain di bidang yang serupa, sehingga Kamu mengetahui tingkat persaingan bisnis yang akan kamu jalani.

Dengan mulai belajar tentang keterampilan-keterampilan berikut ini maka Kamu akan mulai terbiasa dengan hal-hal kecil yang mungkin akan sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis serta meningkatkan rasa percaya diri Kamu sehingga siap bersaing dengan kompetitor yang telah lebih dulu terjun ke bisnis serupa.

Web Development

Kemungkinan besar interaksi pertama dengan calon pelanggan Kamu adalah melalui website. Hal ini tercermin dari peristiwa pandemi Covid-19 yang memaksa perusahaan-perusahaan untuk berpindah dari kegiatan offline ke online sehingga meninggalkan ketergantungan pada website. Jadi bisa dipastikan era baru yang berbasis internet akan terus berkembang dan memiliki keterampilan di bidang ini merupakan hal yang penting.

Sebaiknya Kamu mulai belajar bahasa pemrograman dan memahami CSS maupun HTML. Keterampilan tersebut merupakan bekal untuk membangun sebuah situs web yang profesional. Jika perlu, Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan UI dan UX dalam desain web untuk memberikan pengalaman yang lebih baik pada pengunjung.

Financial Skills

Dalam membangun bisnis startup bukan hanya modal yang dibutuhkan akan tetapi kemampuan dalam mengelola keuangan juga tidak kalah penting. Meskipun Tidak harus menjadi seorang profesional di bidang ini akan tetapi setidaknya Kamu harus mulai belajar dasar-dasar keuangan bisnis untuk membantu Kamu memahami cara mengelola anggaran.

Setelah startup yang Kamu kelola berkembang mungkin Kamu akan mempekerjakan seseorang dengan kualifikasi tersebut akan tetapi Kamu juga tetap harus memiliki pemahaman tentang manajemen keuangan.

Perencanaan Proyek

Ketika Kamu memutuskan untuk memulai bisnis startup berarti Kamu harus siap menghandle beberapa proyek sekaligus dalam satu waktu. Oleh sebab itu Kamu harus menguasai dasar-dasar perencanaan proyek dan belajar mengelolanya. Kamu juga harus mampu melakukan manajemen proyek termasuk di dalamnya mendelegasikan tugas-tugas tertentu pada tim Kamu sesuai dengan keahliannya agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai.

Digital Marketing

Sebagai pemilik startup tentu Kamu harus mampu memajukan bisnis. Cara paling efektif untuk memajukan bisnis saat ini yaitu dengan memanfaatkan digital marketing. Sebelum terjun ke dunia digital marketing tentu Kamu harus paham dulu dasar-dasar pemasaran yang biasanya masih bersifat tradisional namun tetap bisa diterapkan pada digital marketing.

Strategi pemasaran tidak hanya sebatas bagaimana Kamu bersaing dengan para kompetitor akan tetapi lebih dari itu, yaitu untuk menjangkau lebih banyak audiens dan membuat produk Kamu tampak lebih menarik dibanding produk kompetitor.

Dalam mensukseskan strategi digital marketing yang Kamu jalani mungkin akan mengharuskan Kamu melakukan perekrutan karyawan baru yang menguasai bidang ini akan tetapi hal ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnis.

Manajerial dan Kepemimpinan

Kemampuan untuk mengelola karyawan dengan baik adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis. Pemimpin yang mampu mengelola bawahannya dengan baik akan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemajuan bisnis. Seorang pemimpin juga harus mampu memotivasi rekan-rekan kerjanya agar memiliki semangat tinggi dalam mensukseskan startup Kamu. Biasanya keterampilan manajerial akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu karena terus diasah.

Membangun Jaringan

Agar bisa tumbuh dan berkembang Kamu harus membangun jaringan yang kuat. Jaringan yang bagus akan membantu Kamu mendapat banyak pengetahuan, meraih peluang baru hingga membangun reputasi bisnis dengan cara yang lebih efektif. Networking yang bagus juga akan membantu Kamu bertemu dengan pebisnis lain untuk bertukar pikiran dan saling membantu.

Namun sayangnya hal ini sering dilewatkan oleh para pebisnis pemula. Padahal membangun networking akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Memang butuh waktu dan usaha lebih untuk membangun sebuah networking, akan tetapi Kamu juga akan menuai hasil yang sepadan. Memiliki jaringan yang bagus bisa memperluas pengetahuan dan meningkatkan rasa percaya diri seorang pebisnis.

Apa Pentingnya Memiliki Keterampilan Bisnis?

Pentingnya Memiliki Keterampilan Bisnis

Tujuan utama dari semua bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Apapun bidang industri yang Kamu pilih, hasil akhirnya adalah untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk mensukseskan bisnis startup tentu Kamu harus memiliki keterampilan bisnis yang dibutuhkan. Tanpa keterampilan bisnis, Kamu akan kesulitan untuk menjalankan bisnis.

Memang banyak sekali tenaga profesional yang sudah ahli di bidangnya masing-masing yang bisa Kamu rekrut untuk dijadikan karyawan, akan tetapi saat baru saja memulai sebuah bisnis startup biasanya Kamu masih terkendala dalam masalah keuangan. Dengan mempelajari keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan dalam bisnis maka Kamu bisa memulai usaha tanpa harus merekrut tenaga profesional karena hal itu bisa Kamu kerjakan sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa keterampilan yang harus Kamu kuasai dan akan sangat berguna saat memulai sebuah startup. Keterampilan-keterampilan di atas tidak hanya bisa digunakan untuk memulai bisnis startup saja tapi bisa diterapkan pada semua bidang industri.

Leave a Comment

4 × 3 =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

arus listrik rangkaian seri

Rangkaian Listrik Seri dan Paralel

Dalam dunia kelistrikan, kita mengenal dua istilah rangkaian listrik yaitu rangkaian listrik seri dan paralel. Kedua rangkaian listrik tersebut sangat bermanfaat dan penerapannya bisa kita

Read More »