apa itu Internet Of Things

Pentingnya Penerapan Internet Of Things Bagi Dunia Bisnis

Internet of Things atau disingkat menjadi IoT adalah sebuah ekosistem perangkat komputasi yang memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan internet dari jarak jauh. Hadirnya IoT mempermudah manusia dalam mengoperasikan berbagai hal tanpa perlu ada manusia di tempat tersebut.

Agar dapat lebih mudah dipahami, di bawah ini ada beberapa contoh aplikasi yang menggunakan sistem IoT:

  1. Smart Home, sistem ini dapat membantu manusia dalam mengelola rumah dari mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menyalakan oven dari jarak jauh atau menyalakan lampu saat kamu sedang berlibur di luar negeri sekalipun hanya dengan menggunakan smartphone saja. Tidak selesai sampai disitu, sistem sekuriti, thermostat, dan peralatan rumah lainnya, dapat di kontrol dengan smartphone.
  2. Smartphone, seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, smartphone digunakan sebagai pengontrol peralatan smarthome. Dengan kata lain smartphone merupakan salah satu bagian IoT yang sangat penting dalam melengkapi ekosistem Internet Of Things.
  3. Pelacak Kebugaran, alat berikutnya adalah pelacak kebugaran. Contohnya saja, kondisi fisik atlit saat berolahraga dan berlatih dapat di pantau oleh pelatih kebugaran. Dokter pun juga dapat memantau kebugaran pasien yang sedang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Sebenarnya masih banyak contoh lainnya, ketiga contoh di atas adalah yang paling mudah dimengerti tentang IoT. Namun bagaimana untuk bisnis?

Pengembangan IoT untuk bisnis menghadirkan beragam peluang menarik dalam menyediakan akses ke data menjadi jauh lebih baik. Misalnya saja aplikasi Internet Of Things yang berpeluang di dunia bisnis adalah pemantau inventaris, sistem keamanan dan teknologi perangkat biometrik.

Biasanya teknologi IoT ini diaktifkan dengan menggunakan beberapa teknologi di bawah ini:

  • Jaringan Sensor Nirkabel.
  • Cloud Computing.
  • Big Data Analitics.
  • Search Engine Semantic.
  • Layanan web service.
  • Keamanan Protokol Komunikasi dan Arsitektur.
  • Mobile
  • Satelit komunikasi

Industrial Internet of Things (IIoT)?

Secara umum, hadirnya teknologi IoT ini bertujuan untuk mengotomatisasi dan meningkatkan proses agar lebih mudah dan singkat. Jangan salah dalam mengartikan teknologi IoT dengan IIoT. Di pembahasan awal sudah di jelaskan bahwa ide di balik lahirnya teknologi IoT adalah untuk menghadirkan perangkat kepada konsumen dalam hal kenyamanan dan kemudahan.

Pada proses pengembangannya, sebagian besar penerapan Industrial IoT (IIoT) sudah mulai masuk pada revolusi industri 4.0 untuk sektor manufaktur, ritel, transportasi, logistik, kesehatan dan masih banyak sektor lainnya.

Industry 4.0

Teknologi IoT telah berhasil mengubah model bisnis yang berhubungan dalam membuat keputusan dan prediksi, menjadi jauh lebih baik. Dengan menerapkan sistem IoT, pemilik bisnis juga mendapatkan wawasan analitik dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas operasional, terutama dalam hal produksi serta mengelola rantai pasokan bahan baku produksi.

Tidak hanya bisa meningkatkan efisiensi operasional, penerapan teknologi IoT juga bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, mengurangi in-efisiensi dan kemacetan dalam hal operasional. Hal itu dikarenakan, IoT memanfaatkan teknologi artificial intelligent (kecerdasan buatan) dan machine learning (pembelajaran mesin) yang dapat di pantau secara mendiri oleh pelaku usaha.

Pentingnya Internet of Things

Kehadiran teknologi Internet of Things sangat menguntungkan konsumen maupun pelaku bisnis. Keterbukaan data dan dukungan perangkat yang selalu terhubung dengan internet, memberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak. Apalagi dengan lahirnya jaringan 5G dan teknologi edge cloud computing yang sudah tersebar di beberapa negara di dunia, tidak ada halangan bagi konsumen dan pelaku bisnis untuk tetap saling terhubung.

Bagi konsumen sendiri, teknologi IoT dapat mengurangi waktu yang terbuang, serta dapat memberikan rekomendasi dan solusi cerdas bagi kebutuhannya. Sedangkan bagi pelaku bisnis, hadirnya infrastruktur IoT dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi resiko kerugian yang  lebih besar, memberikan manfaat ekonomi kepada pelanggan, serta mengurangi keterlibatan manusia dalam melakukan pekerjaan yang berbahaya.

Tidak hanya itu saja, teknologi IoT juga mampu membuat analitik data lebih akurat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik, sehingga berdampak pada meningkatnya penjualan dengan memberikan data real-time kepada pelanggan.

Menggunakan teknologi IoT-Smart-Security-Camera saat ini juga menjadi pilihan jitu bagi pelaku bisnis dalam memantau dan menilai perilaku pegawai secara real-time. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat memberikan reward kepada pegawai berprestasi dan menciptakan iklim kompetisi positif di antara pegawai.

Keamanan IoT

Internet of Things memang memberikan manfaat yang besar, namun bukan berarti tanpa kekhawatiran didalamnya. Ada beberapa kekhawatiran yang mesti diatasi oleh penggunanya, saat ini banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi IoT, namun terburu-buru mengeluarkan produk mereka tanpa memperhatikan keamanan dan privasi.

security Internet of Things

Banyak perusahaan yang mengabaikan sisi keamanan dan privasi, sehingga beresiko pada kebocoran dan penyaalahgunaan data oleh orang yang tidak berkepentingan. Tidak hanya itu saja, beberapa perusahaan juga kurang tepat dalam menerapkan protokol keamanan data, sehingga dengan mudah sistem di serang oleh hacker tak bertanggung jawab.

Teknologi IoT bisa membantu Anda dalam mengumpulkan data, termasuk data yang sifatnya sensitif. Maka dari itu, keamanan data dan privasi harus menjadi prioritas utama bagi para pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi ini dan melindungi jaringan sistem mereka dengan lebih serius.

Kesimpulan

Teknologi IoT saat ini telah banyak mengubah dunia yang kita kenal sebelumnya, dari mulai cara kita menanam tumbuhan sampai dengan kegiatan sehari-hari, dan model bisnis yang ikut berubah sesuai perkembangan teknologi. Perubahan yang paling banyak di rasakan oleh manusia saat ini adalah dalam meningkatkan efisiensi dalam menjalani kegiatan mereka sehari-hari.

Para pemilik bisnis juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi ini dengan maksimal untuk memastikan bisnis mereka lebih menguntungkan dan bertumbuh dengan cepat. Kami berharap kemajuan teknologi ini bisa terus mendapatkan momentum serta dampak yang baik bagi dunia.

Tapi ingat, pergunakan teknologi dengan bijak. Jangan menyalahgunakan teknologi untuk kepentingan apapun, apalagi untuk tindakan kejahatan. Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia, bukan untuk menyengsarakan manusia.

Mari kita terapkan teknologi Internet of Things untuk memaksimalkan potensi bisnis agar terus bertumbuh menjadi bisnis yang besar, sambil membantu masyarakat agar bisa lebih berkembang dan merasakan manfaat positif dari perkembangan teknologi yang ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

12 − 4 =