benefit fleet management system

Benefit Fleet Management System

Menjalankan bisnis dengan segudang tugas dan tantangan tentu tidak mudah. Penggunaan teknologi tertentu yang sesuai kebutuhan tidak bisa dielakkan, bukan? Bisnis akan sangat bergantung dengan teknologi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang juga membantu meningkatkan keamanan bagi kendaraan dan pengemudi. Untuk kebutuhan tersebut, yang kamu butuhkan adalah fleet management yang menjadi solusi untuk menjawab tantangan dan menghadapi persaingan.

Fleet management system terlahir berkat teknologi telematika, dimana pengusaha bisa merevolusi cara bisnis, menyusun strategi, dan mengkoordinasikan tenaga kerja mereka, tanpa harus terjun langsung ke lapangan.

Pernah mendengar istilah fleet management sebelumnya? Fleet management atau manajemen armada menawarkan berbagai keuntungan pada berbagai jenis, bentuk, dan ukuran bisnis. Sebagai permulaan, manajemen armada memungkinkan bisnis memantau operasi secara efisien dan menyediakan blueprint digital guna mengkampanyekan cara mengemudi yang lebih efisien dan aman. Hal ini akan membantu mengurangi risiko dan menurunkan biaya yang harus dikeluarkan. Itulah mengapa fleet management menjadi alat penting bagi bisnis.

Sebelum mendalami benefit yang ditawarkan oleh software fleet management, mari kita simak penjelasan tentang fleet management secara keseluruhan.

fleet management system

Apa Itu Fleet Management System?

Sangat wajar jika kita mencari tahu informasi sedetail mungkin sebelum menggunakan software atau tool apapun terlebih untuk keperluan bisnis termasuk fleet management. Pada dasarnya, fleet management melibatkan pengelolaan kendaraan seperti mobil, van, dan truk guna memastikan kendaraan tersebut digunakan secara efisien, aman, dan terpelihara dengan baik. Bahkan, fleet management juga bisa mencakup pelacakan aset dan pemantauan semua jenis peralatan seperti generator, budoser, dan lainnya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri masing-masing.

Tujuan utama diciptakannya fleet management system adalah untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas armada. Penggunaan sistem ini juga dapat menjaga keselamatan para pengemudi armada. Hal tersebut akan tercapai dengan menggabungkan berbagai hal, seperti pelacakan kendaraan, laporan konsumsi bahan bakar, pemantauan perilaku pengemudi, dan manajemen perawatan kendaraan.

Benefit Fleet Management System

Teknologi fleet management dapat membantu bisnis meningkatkan operasi di berbagai disiplin, seperti:

1. Keamanan Pengemudi

Sudah seharusnya keselamatan pengemudi menjadi perhatian setiap fleet manager. Sebuah studi menyimpulkan bahwa kecepatan merupakan inti dari masalah keselamatan di jalan. Sekitar 30% dari kecelakaan fatal yang diakibatkan oleh kecepatan berkendara merupakan faktor penyumbang utama dalam hal keselamatan di jalan. Oleh sebab itu, perilaku pengemudi menjadi salah satu fokus utama dalam fleet management system.

Manfaat utama software fleet management adalah menghasilkan peringatan dan pemberitahuan yang hampir real-time tentang kebiasaan mengemudi yang berbahaya. Kamera video di dashboard kendaraan memungkinkan fleet manager memantau setiap insiden mengebut dan menikung tajam yang mungkin dilakukan oleh pengemudi.

Teknologi ini memang dibuat untuk membantu meningkatkan keamanan jalan. Salah satu bukti nyata adalah kematian yang terjadi di jalanan di Irlandia antara tahun 2010 dan 2018 berkurang sekitar 31 persen. Meski merupakan kemajuan yang fantastis, tetapi kita tetap harus bekerja keras untuk meningkatkan keselamatan di jalan sekaligus menyelamatkan nyawa pengemudi armada.

Disinilah teknologi fleet management dapat membantu mengidentifikasi segala kejadian selama armada beroperasi. Dengan melacak perilaku pengemudi, fleet manager bias dengan lebih mudah untuk memantau dan menangani masalah yang terjadi di lapangan, serta memberikan solusi taktis terhadap masalah tersebut. Sehingga pada akhirnya, teknologi ini dapat membantu mengurangi kelalaian pengemudi yang dapat mengakibatkan kecelakaan serta menghilangkan nyawa seseorang.

pengemudi truk

2. Konsumsi Bahan Bakar

Biaya bahan bakar kendaraan komersial menjadi perhatian setiap pemilik bisnis. Harga bahan bakar yang selalu berfluktuasi membuat pelacakan dan penganggaran biaya bahan bakar menjadi suatu tantangan. Apabila perusahaan memiliki sistem manajemen yang baik, maka akan sangat menguntungkan di mana perusahaan dapat mengurangi atau menekan biaya bahan bakar. Dengan adanya manajemen bahan bakar, fleet manager dapat mengidentifikasi potensi penghematan dengan lebih mudah.

Laporan data konsumsi bahan bakar yang mendalam akan mencegah pemborosan dan dapat memperhitungkan kebutuhan bahan bakar yang diperlukan. Dengan begitu, fleet manager dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait efisiensi bahan bakar. Setelah menemukan masalah dan merancang solusinya, mereka bisa melatih pengemudi agar dapat mengemudi dengan lebih efisien. Hal tersebut bisa mengurangi biaya bahan bakar yang juga berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan.

3. Pembaruan dan Insight Real-Time

Software pelacakan kendaraan GPS memungkinkan fleet manager untuk melacak armada hampir secara real-time dan memobilisasi kembali armada jika diperlukan. Gambaran yang jelas perihal keberadaan kendaraan, status penyelesaian pekerjaan, dan perkiraan waktu kedatangan dan pengiriman, akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Hal tersebut tidak hanya membantu pengiriman menjadi lebih efisien, tetapi juga membantu meningkatkan layanan pelanggan serta menghemat waktu bagi para fleet manager. Mereka tidak perlu lagi menelepon pengemudi untuk memberikan update armada yang digunakan.

4. Efisiensi

Salah satu benefit fleet management system yang paling besar adalah meningkatkan efisiensi. Software ini menyediakan rincian dan laporan khusus yang terperinci kepada para fleet manager. Sehingga mereka bisa mengubah data menjadi informasi yang bisa ditindaklanjuti. Hal tersebut tentunya lebih dari sekedar mengetahui lokasi kendaraan. Dengan membagikan laporan terperinci, anggota tim memiliki kesempatan untuk memahami bagian mana yang perlu ditingkatkan.

5. Perawatan Kendaraan

Pemeliharaan dan umur kendaraan seringkali menjadi hal yang membebani keuangan bisnis. Tetapi, kini perusahaan dapat memanfaatkan fleet management system yang menyediakan segala hal langkah preventif untuk keperluan jadwal pemeliharaan armada.

Jarak yang ditempuh, jam kerja mesin, konsumsi bahan bakar, adalah sebagian kecil dari data yang dapat fleet manager gunakan untuk membuat jadwal perawatan kendaraan. Software fleet management juga memungkinkan manajer untuk melacak kerusakan, rencana menderek armada, dan perbaikan darurat di lokasi kejadian. Hal tersebut akan sangat membantu dalam mengidentifikasi area potensi masalah serta pola berulang yang perlu penanganan dan disesuaikan dengan jadwal pemeliharaan kendaraan.

Memiliki software semacam ini bisa dikatakan sebagai sebuah investasi. Meski harus mengeluarkan sejumlah uang di awal, tetapi dengan berbagai fungsi dan manfaatnya, fleet management system mampu memberikan lebih dari apa yang perusahaan bayarkan. Saat bisnis dapat mulai menerapkan rencana pemeliharaan preventif, maka bisnis tersebut berpotensi menghemat waktu dan biaya di kemudian hari dalam hal pemeliharaan kendaraan.

6. Kepuasaan Pelanggan

Dengan menggunakan software manajemen armada, fleet manager dapat menyederhanakan proses booking pelanggan dan dapat memberikan notfikasi kepada pelanggan terkait ketersediaan armada. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi dan informasi jika terdapat armada tertentu yang ditugaskan untuk mengantarkan pesanan pelanggan. Pelanggan juga mendapatkan manfaat dari peningkatan akurasi estimasi pesanan tiba atau estimated time arrival (ETA) melalui data pelacakan GPS. Juga, mereka akan menerima konfirmasi pick up dan pengingat sesaat sebelum armada tiba.

7. Perencanaan Rute

Fleet management juga akan membantu manajer armada membuat perencanaan rute dan distribusi armada secara lebih efisien. Tidak bisa dipungkiri kalau mendapatkan lebih dari sumber daya yang dimiliki bisa menguntungkan sehingga bisnis dapat menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

Membantu Armada Masa Depan

Dengan mempertimbangkan manfaat serta keunggulan dari software fleet management, kita bisa meyakini bahwa menerapkan fleet management mampu memberikan dampak positif pada segala jenis lini bisnis. Di era serba digital seperti sekarang ini, teknologi fleet management system hadir sebagai alat ampuh dalam membantu perusahaan atau bisnis bersaing secara lebih efektif.

Jika ingin mengetahui secara detail seperti apa cara kerja dan bagaimana fleet management system memberikan benefit maksimal bagi bisnismu, hubungi penyedia terpercaya untuk mendapatkan demo dari mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

19 + ten =