Contoh Benda Semikonduktor, Konduktor dan Isolator

Contoh Benda Semi Konduktor

Ada banyak contoh benda semikonduktor, benda konduktor dan benda isolator di sekitar kita. Benda – benda tersebut sangat mudah ditemui karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Beberapa di antaranya meringankan pekerjaan dan bahkan termasuk ke dalam jenis peralatan rumah tangga.

Apa sajakah contoh benda semikonduktor, konduktor dan isolator? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut!

Contoh Benda Semikonduktor

Sebagaimana yang kita semua tahu bahwa yang dimaksud dengan benda semikonduktor merupakan benda yang konduktivitas listriknya berada di antara isolator dan konduktor. Ada beberapa contoh benda semikonduktor yang mudah kita temukan di sekitar, di antaranya :

Transistor

Salah satu contoh benda semikonduktor adalah transistor. Apa yang dimaksud dengan transistor?

Jadi transistor merupakan suatu alat semikonduktor yang berfungsi sebagai penguat, sirkuit pemutus, penyambung arus, alat stabilisasi tegangan, dan juga modulasi signal.

Transistor umumnya memiliki tiga terminal (kaki) yang terdiri atas basis, emitor dan juga kolektor. Transistor seringkali menjadi bagian dari perangkat elektronik.

Bahkan hampir semua perangkat elektronik yang kita dapat temukan di sekitar kita menggunakan transistor sebagai komponen di dalamnya mulai dari televisi, komputer, ponsel, audio player, video  player, konsol game, power supply dan juga amplifier.

Dioda

Dioda juga bersifat semikonduktor dan merupakan komponen aktif dua kutub yang memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah dan menghambat arus dari arah yang sebaliknya.

Dalam bidang elektronika, diode bisa disamakan sebagai fungsi katup. Prinsip kerjanya bermula dari adanya dua arus listrik bermuatan negatif dan positif. Dari dua arus tersebut dioda harus mampu mengubahnya agar hanya menjadi satu arah saja. Dengan begitu arus listriknya dapat menjadi searah.

Alat sel surya

Alat sel surya juga termasuk salah satu contoh benda semikonduktor yang sekarang ini mudah ditemukan. Banyak rumah yang sudah menggunakan alat sel surya karena diklaim lebih hemat energi. Alat ini berfungsi untuk mengonversi energi panas matahari menjadi energi listrik.

Alat mikroprosesor

Alat mikroprosesor merupakan suatu alat yang bekerja sebagai pusat pengendalian dan pengolahan sistem komputer mikro. Alat ini terbuat dari bahan transistor mini dan sirkuit lain.

Mikroprosesor sendiri memiliki tiga bagian penting yaitu terdiri atas Arithmetic Logic Unit (ALU), Register Unit (RU), dan juga Control Unit (CU).

Bagaimana dengan konduktor dan apa saja contoh benda yang bersifat konduktor?

Contoh Benda Konduktor

Konduktor merupakan suatu bahan atau alat yang dapat menghantarkan panas serta arus listrik dengan sangat baik. Jadi sifat bahan konduktor ini adalah konduktif. Konduktor bisa berbentuk padat, cair atau pun gas.

Suatu bahan disebut sebagai bahan konduktor jika memiliki beberapa ciri berikut :

  • Memiliki daya hantar listrik dan daya hantar panas yang baik
  • Biasanya terbuat dari bahan logam atau besi
  • Memiliki kekuatan mekanis yang tinggi
  • Memiliki nilai koefisien muai yang kecil
  • Memiliki daya termoelektrik yang berbeda antar bahan
  • Memiliki modulus elastisitas yang cukup besar

Sangat mudah bagi kita menemukan contoh benda konduktor di sekitar. Berikut beberapa contoh benda konduktor yang dapat kita temukan dengan mudah :

Panci

Panci terbuat dari bahan besi dan termasuk penghantar panas yang sangat baik. Benda konduktor ini dapat menghantarkan panas yang berasal dari api ke minyak, makanan, atau air yang sedang dimasak dengan sangat baik.

Wajan

Konsep penghantar panas wajan sama dengan panci. Wajan juga dapat menghantarkan panas dari api ke minyak. Biasanya wajan digunakan untuk menggoreng bahan makanan.

Sendok dan garpu

Alat makan ini juga termasuk salah satu konduktor yang baik. Sendok dan garpu yang termasuk kategori sebagai konduktor adalah sendok dan garpu yang terbuat dari bahan besi atau logam.

Cerek

Cerek terbuat dari logam dan biasanya benda yang satu ini dapat kita temukan di dapur sebagai alat untuk memasak atau mendidihkan air.

Tutup panci

Tutup panci biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan panci dan wajan yaitu dari besi meski ada bagian dari tutup panci yang terbuat dari karet atau kayu. Jadi selain bagian tutup yang terbuat dari karet atau kayu termasuk alat penghantar panas dan listrik yang baik.

Setrika

Setrika menghantarkan panas dan listrik dengan sangat baik. Setrika juga seringkali dipakai untuk menghaluskan pakaian.

Catokan rambut

Catokan rambut termasuk sebuah alat kecantikan yang dapat menghantarkan panas dari listrik dengan sangat baik. Cara kerja catokan rambut dalam menghantarkan panas sama seperti setrika. Catokan digunakan sebagai alat untuk merapikan rambut dan meluruskan rambut dengan aman.

Termos

Bagian dinding kaca dalam termos bersifat konduktor. Kaca tidak menyerap panas dan memantulkannya kembali sehingga suhu air yang ada di dalamnya tidak merambat keluar dan air yang disimpan di dalam termos menjadi tetap selalu panas.

Selain ada benda konduktor dan semi konduktor, ada juga benda isolator. Jadi selain kita membahas contoh benda semikonduktor dan benda konduktor, kita juga akan membahas contoh benda isolator. Apa saja?

Contoh Benda Isolator

Yang dimaksud dengan benda isolator adalah suatu benda yang tidak dapat menghantarkan listrik dan panas. Atau bisa dikatakan bahwa benda isolator merupakan suatu benda yang daya hantar listrik dan daya hantar panasnya sangat buruk.

Cukup banyak contoh benda isolator yang dapat kita temukan di sekitar kita, di antaranya :

Gagang wajan, gagang panci dan gagang setrika

Ketiga benda tersebut biasanya terbuat dari bahan plastik, ebonit atau kayu. Bahan – bahan seperti itu termasuk bahan yang tidak dapat menghantarkan panas dan listrik.

Bagian gagang wajan, gagang panci dan gagang setrika terbuat dari bahan isolator agar panas dari kompor ke badan wajan tidak merambat ke gagangnya sehingga ketika memasak kita dapat memegang gagangnya dengan aman untuk mengangkat masakan yang sudah matang.

Karet di tutup panci

Ada beberapa model panci yang di bagian atas tutupnya terbuat dari bahan karet atau kayu. Nah, bagian tersebut yang tergolong sebagai benda isolator.

Sodet

Sodet juga biasanya terbuat dari bahan kayu dan plastik. Sodet terbuat dari bahan isolator agar tidak panas ketika dipegang sehingga memasak pun jadi lebih nyaman.

Pelapis luar termos

Kalau dinding kaca bagian dalam termos bersifat konduktor, maka tutup termos atau pelapis luar termos berfungsi sebagai isolator. Hal tersebut mengakibatkan suhu panas tidak keluar dari termos dan termos tidak panas ketika dipegang meski di dalamnya berisi air mendidih.

Botol plastik

Karena terbuat dari bahan plastik, maka botol plastik bukan penghantar panas dan bukan penghantar listrik yang baik.

Kesimpulan

Jenis penghantar panas dan listrik terdiri atas konduktor, semikonduktor dan isolator. Ketiganya memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda.

Konduktor merupakan penghantar listrik dan panas yang baik, semikonduktor adalah bahan dengan konduktivitas di antara konduktor dan isolator. Sementara isolator merupakan jenis penghantar panas dan penghantar listrik yang buruk.

Contoh benda semikonduktor, konduktor dan isolator sangat banyak dan sangat mudah kita temukan di sekitar kita.

Leave a Comment

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru