transformasi digital

Pentingnya Transformasi Digital di Masa Depan

Setiap pekerjaan yang sedang kamu lakukan saat ini tentu tidak terlepas kaitannya dari peranan teknologi. Ya, di era serba modern seperti sekarang ini, teknologi telah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan manusia tak terkecuali dengan teknologi transformasi digital.

Melalui kehadiran teknologi transformasi digital tersebut, banyak aspek dalam kehidupan manusia akhirnya menjadi terbantu termasuk pekerjaan-pekerjaan besar sekalipun. Sehingga transformasi digital memiliki kedudukan yang sangat vital dalam menjalankan berbagai macam pekerjaan dari yang berskala kecil sampai yang berskala besar.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan teknologi transformasi digital dan apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan manusia dari keberadaan teknologi tersebut? Kami akan mengulas lebih detail melalui pembahasan komprehensif dan lengkap di bawah ini.

Arti Transformasi Digital

perubahan

Transformasi digital adalah sebuah proses yang dilakukan oleh organisasi untuk mengubah era tradisional atau manual ke era digital atau era yang lebih modern dengan bantuan teknologi.

Dalam proses transformasinya, sebuah organisasi atau perusahaan yang sudah memiliki kebiasaan melaksanakan segala sesuatunya dengan cara manual atau tradisional, beralih memanfaatkan teknologi modern yang dikenal lebih cepat, lebih mutakhir dan punya lebih banyak kelebihan.

Meski memang harus diakui bahwa proses adaptasi dari pola manual atau tradisional menjadi pola yang lebih modern berkat bantuan teknologi bukan hal yang mudah. Waktu yang panjang dibutuhkan dalam kaitannya dengan proses adaptasi tersebut.

Dalam mewujudkan prosedur transformasi digital di ruang lingkup sebuah perusahan, management perusahaan bahkan harus rela memaksakan karyawannya untuk menjalankan dua sistem kerja secara bersamaan sekaligus. Yaitu memanfaatkan cara kerja manual atau tradisional sekaligus berbarengan dengan pemanfaatan cara kerja yang lebih modern memanfaatkan transformasi digital.

Dari cara kerja semacam itu perusahaan nantinya bisa mendapatkan kesimpulan mana hasil atau output yang lebih baik dan lebih berdampak besar bagi kelangsungan hidup perusahaan untuk jangka waktu yang panjang.

Era transformasi digital yang berkembang pesat juga memberikan dampak yang sangat positif terhadap kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Apa sajakah manfaat transformasi digital bagi bisnis?

Manfaat Transformasi Digital Untuk Bisnis

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pergeseran perubahan sistem kerja di sebuah bisnis atau perusahaan dari cara manual menjadi cara kerja baru memanfaatkan dukungan teknologi. Adapun beberapa manfaat transformasi digital yang bisa dirasakan dalam sebuah bisnis di antaranya:

Meningkatkan produktivitas kerja

Jika dilihat dari produktivitasnya, manfaat transformasi digital dapat dirasakan secara nyata bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Salah satu contohnya adalah telah digunakannya bantuan laptop, software pengolah kata atau komputer di sebuah perusahan.

Dengan bantuan dari komputer, laptop, software pengolah kata atau bahkan smartphone, membuat seseorang mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang sangat singkat. Lebih dari satu pekerjaan bahkan bisa dilakukan dengan tempo cepat dibandingkan penyelesaian pekerjaan secara manual.

Selain proses yang lebih cepat, output yang didapatkan juga semakin banyak dari kehadiran transformasi digital. Oleh sebab itu, kalau ditanya apakah penting transformasi digital bagi sebuah bisnis, jawabannya tentu sangat penting karena banyak pekerjaan yang bisa terselesaikan dalam tempo cepat berkat transformasi digital yang dihadirkan.

Memberikan transformasi metode kerja yang baru

Selain membantu meningkatkan produktivitas dan kemampuan kerja, teknologi digital juga bermanfaat dalam mengubah sistem sekaligus metode kerja dalam ruang lingkup perusahaan menjadi lebih baru. Sebagai contoh, aplikasi ojek online yang saat ini sudah dikenal masyarakat Indonesia secara luas.

Aplikasi ojek online merupakan suatu alternatif teknologi yang hadir sebagai bagian dari kombinasi teknologi digital dengan ojek konvensional. Melalui aplikasi tersebut, calon pelanggan bisa menemukan tukang ojek incarannya hanya dengan sekali tap menggunakan smartphone.

Oleh sebab itu metode kerja yang baru dan semakin canggih bisa dirasakan. Pengguna aplikasi pun dapat terbantu karena dengan kehadiran aplikasi tersebut, semua yang dilakukan jauh lebih mudah. Mereka tak lagi bingung dan repot untuk menemukan dimana tukang ojek incarannya karena semuanya bisa terpantau hanya dengan membuka aplikasi yang sudah terdownload di smartphone dan tukang ojek incaran sudah tiba tanpa butuh waktu lama.

Hal tersebut tentu berbeda dengan pemesanan taksi atau ojek di zaman dahulu yang mengharuskan calon pengguna layanan menelefon server pusat untuk memesan dan mencarikan taksi untuk mereka. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama dan panjang.

Pekerja punya alternatif cara kerja baru yaitu WFH

Hadirnya teknologi meeting online zoom meeting, forum diskusi online di WhatsApp atau Telegram, dan berbagai alternatif teknologi lainnya menjadi bukti bahwa pentingnya transformasi digital tak boleh diragukan.

Berkat dukungan teknologi yang berkembang secara masif, pekerjaan yang dulunya tidak bisa diselesaikan jarak jauh melalui WFH (Work from Home) sekarang sudah bisa dikerjakan jarak jauh atau dengan sistem WFH.

Memang harus kita akui bahwa sistem kerja WFH dulunya hanya dikenal oleh freelancer saja. Namun sejak datangnya pandemic covid-19, bukan hanya freelancer, pegawai kantoran pun harus menerapkan sistem kerja WFH. Sehingga pekerjaan yang harus diselesaikan tetap dapat terselesaikan tanpa banyak alasan yang menghambatnya.

Hingga saat ini WFH masih banyak diterapkan dan sepertinya akan bertahan dalam waktu yang lama sebagai bentuk transformasi teknologi di bidang bisnis. Karena dengan hadirnya teknologi dan akses internet dari rumah ke rumah, dapat dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan walaupun hanya di rumah saja.

Penyimpanan berkas dan data yang lebih sistematis dan terstruktur

Meski saat ini masih banyak perusahaan atau organisasi yang memanfaatkan lemari sebagai tempat simpan, namun tak boleh dipungkiri banyak perusahaan atau organisasi juga yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi transformasi sebagai solusi terbaru penyimpanan berkas dan data yang diperlukan.

Pemanfaatkan cloud storage sebagai upaya perpindahan dari cara penyimpanan data manual di dalam lemari berkas sudah kita rasakan. Pun begitu dengan sistem pertukaran berkas dan data melalui email yang menggantikan sistem pertukaran berkas via pos dan surat sudah kita rasakan belakangan ini.

Dengan begitu banyak resiko yang terminimalisir dengan perkembangan sistem transformasi digital bisnis yang hadir di tengah – tengah kita. Sebagai contohnya resiko terjadinya kehilangan data karena teledor atau mungkin lemari data terbakar bisa diminimalisir. Pesan yang dikirimkan dari satu perusahaan untuk perusahaan lain juga tidak akan terkendala tukang pos karena proses pengirimannya sekarang jauh lebih cepat memanfaatkan email dan layanan bertukar pesan lainnya.

Semua itu menjadi bukti bahwa transformasi digital memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang, termasuk dalam kaitannya dengan dunia bisnis untuk keberlangsungan dan perkembangan sebuah perusahaan.

Mengapa Transformasi Digital Ini Bisa Terjadi?

Meski sudah kami jabarkan tentang manfaat dan pentingnya transformasi digital yang luar biasa besar, mungkin sebagian orang masih memiliki pertanyaan terkait mengapa transformasi digital bisa terjadi?

Transformasi digital bisa terjadi karena cukup banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah :

  • Kelayakan terhadap penggunaan metode lama di era yang sudah berkembang dan baru.
  • Pergeseran budaya
  • Dampak globalisasi (proses masuknya ruang lingkup dunia baru yang menjadikan masyarakat dunia bisa menjangkau dunia lain atau negara lain dengan jauh lebih mudah)
  • Perubahan perilaku konsumen, pemilik bisnis, dan dunia yang mengakibatkan perubahan dalam berbagai segi
  • Pergeseran atau perubahan ke bentuk digital industri
  • Landscape persaingan yang semakin berubah
  • Teknologi yang semakin berkembang
  • Sistem dan metode lama yang sudah tidak relevan, dan masih banyak lagi aspek lain yang menyebabkan mengapa transformasi digital bisa terjadi.

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Suatu Perusahaan Bisnis Atau Organisasi

digital transformation untuk perusahaan

Bagi sebuah perusahaan atau organisasi, transformasi digital menjadi hal yang sangat penting diperhatikan karena berimbas terhadap berbagai macam faktor. Khususnya terhadap faktor – faktor yang mengarah pada kelangsungan perusahaan atau bisnis itu sendiri.

Tanpa mengikuti perkembangan digital yang ada, suatu bisnis akan tertinggal dan sulit berkembang. Oleh karenanya, transformasi digital menjadi sangat penting bagi suatu bisnis atau perusahaan.

Berikut beberapa alasan lain pentingnya transformasi digital bagi sebuah perusahaan, bisnis atau pun organisasi:

Memudahkan operasional bisnis

Jika prosedur kerja perusahaan kamu cenderung kompleks, maka sangatlah tepat jika kamu mulai memikirkan cara beralih dari metode manual yang biasanya dikerjakan untuk memanfaatkan transformasi digital.

Entah yang akan dialihkan adalah manajemen pembukuannya, manajemen pencatatan keuangan, atau pun operasional usaha secara umum.

Pentingnya transformasi digital bagi perusahaan dengan penanganan dan prosedural yang kompleks, salah satunya memudahkan operasional. Dengan transformasi digital yang dipilih semua yang dikerjakan menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Adanya perubahan perilaku konsumen

Transformasi digital dan kemajuan teknologi yang ada telah membawa banyak perubahan termasuk terhadap perilaku pasar atau konsumen.

Sebagai contoh pergeseran kegiatan belanja dari belanja offline menjadi belanja online akibat munculnya marketplace yang dapat diakses dengan sangat mudah hanya melalui laptop ataupun smartphone android.

Pergeseran semacam itu juga menjadi salah satu contoh aspek yang melatarbelakangi perubahan perilaku konsumen dalam dunia bisnis.

Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menerapkan Transformasi Digital

Alasan lain dari pentingnya transformasi digital bagi sebuah bisnis adalah kepuasan pelanggan yang meningkat.

Jika dahulu pelanggan harus datang secara langsung ke toko untuk membeli sebuah barang, sekarang sudah ada layanan kurir yang bisa dimanfaatkan untuk mengambil barang yang dibeli di sebuah toko sehingga pembeli bisa lebih nyaman berada di rumah tanpa perlu pergi kemana – mana. Sementara barang yang dibeli diantarkan kerumah, dengan demikian pelanggan pun semakin puas.

Perusahaan dagang dan perusahaan kurir pun mendapatkan banyak feedback dari adanya transformasi digital di bidang bisnis semacam ini. Perusahaan dagang bisa melayani pelanggan 24 jam non stop, sementara perusahaan kurir mendapatkan pesanan untuk diantar.

Menjadi alat proteksi dan kontrol bagi perusahaan

Transformasi digital yang berkembang memang ada plus minusnya. Melalui transformasi digital juga kejahatan siber meningkat. Namun hal tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk sebuah perusahaan atau bisnis menolak pentingnya transformasi digital.

Untuk mencegah kejahatan siber, proteksi data perlu ditingkatkan dan bisa ditingkatkan. Lagi – lagi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang. Melalui produk transformasi digital di bidang keamanan memunculkan mode cloud dan on-premise yang sangat bermanfaat dan berguna untuk melindungi data atau mem-backup data dari potensi pencurian dalam bentuk apapun.

Terlebih bagi sebuah perusahaan, data sudah menjadi sumber kehidupan perusahaan itu sendiri sehingga meminimalisir potensi pencurian data dengan kontrol dan proteksi yang baik sangat diperlukan.

Investasi di bidang teknologi untuk kemajuan perusahaan

Bagi pemilik sebuah bisnis atau perusahaan, memahami kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak boleh dibendung. Suatu bisnis atau perusahaan yang tidak mau terlibat dengan kemajuan teknologi berdampak buruk terhadap kemunduran perusahaan itu sendiri.

Oleh sebab itu, pentingnya transformasi digital perlu dijadikan fokus utama untuk memajukan perusahaan. Dengan menukar metode pekerjaan lama yang manual dengan scalable, teknologi berbasis cloud, sistem kerja memanfaatkan mesin, akan sangat berguna untuk kemajuan jangka panjang perusahaan.

Menyisihkan dana untuk investasi di bidang teknologi sangatlah penting, dan wajib dilakukan demi menopang tumbuh dan berkembangnya perusahaan.

Dapat menghemat waktu dan biaya

Ketika mengaplikasikan teknologi digital untuk kepentingan bisnis yang dijalankan, akan banyak nilai keuntungan yang bisa diperoleh. Utamanya keuntungan dari sisi efisiensi waktu dan penghematan biaya pengeluaran.

Contohnya dalam kegiatan kirim mengirim surat. Dahulu sebuah perusahaan harus mengirimkan surat kepada perusahaan lain jika ada kepentingan. Hal tersebut membuat perusahaan yang mengirimkan surat harus menunggu surat tersebut sampai, menunggu waktu sampai surat terbaca dan dibalas kembali. Sementara di sisi lain kegiatan tersebut juga butuh dana pengiriman dan dana pembelian perangko yang harus dibayarkan.

Sementara berkat kemajuan teknologi dan transformasi digital, sekarang ini sebuah perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada perusahaan lain jika ada kepentingan. Cukup memberitahukan via email, informasi yang ingin disampaikan akan langsung diterima perusahaan tujuan tanpa butuh waktu lama.

Bagaimana? Sangat penting bukan transformasi digital bagi sebuah bisnis atau perusahaan?

Oleh sebab itu, bagi perusahaan atau bisnis yang masih menggunakan metode dan teknik manual dalam pengerjaan prosedural usaha, pastikan untuk mulai memikirkan pemanfaatan teknologi dan transformasi digital untuk membantu efisiensi dan kemajuan serta perkembangan usaha.

Bentuk Teknologi Transformasi Digital Apa Saja?

Bentuk Teknologi Transformasi Digital

Berikut kami ulas beberapa bentuk dari transformasi digital di bidang teknologi yang sangat penting bagi kehidupan manusia tak terkecuali dalam perkembangan dunia bisnis, di antaranya:

Smartphone

Saat ini dalam setiap kegiatan apapun dibutuhkan yang namanya smartphone. Tanpa smartphone berbagai praktik digital yang berpotensi dilakukan saat ini tidak mungkin pernah ada dan terjadi. Hal-hal yang bisa dilakukan diantaranya melacak sebuah pesanan, bekerja sama dengan rekan kerja yang lain, berkomunikasi dengan teman & keluarga hingga untuk keperluan hiburan bisa kamu dapatkan hanya dengan sekali tap memanfaatkan smartphone yang kamu genggam.

Dalam bisnis, pelanggan bisa membuat orderan dengan mudah hanya lewat smartphone. Pun begitu dengan penjual, mereka bisa melayani orderan dengan tempo cepat melalui smartphone. Semua akses yang dibutuhkan bahkan bisa berjalan lancar tanpa butuh waktu lama berkat hadirnya teknologi transformasi digital yang satu ini.

Kecerdasan buatan/ AI

Kecerdasan buatan atau yang sering disebut juga dengan AI (Artificial Intelligence) merupakan sebuah subjek yang menjadi pilar penting sebuah bisnis dan perkembangan teknologi masa depan. Mulai dari mobil tanpa pengemudi, teks prediktif hingga chatbot sudah hadir dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Ke depannya akan semakin banyak proyek – proyek baru, aplikasi, dan beragam perangkat yang hadir dengan dukungan teknologi AI ini.

Internet of Things (IoT)

IoT merupakan kependekan dari Internet of Things, merupakan sebuah nama yang diberikan untuk jaringan perangkat yang saling terhubung dengan benda-benda di seluruh dunia.

Sebagai contoh, ketika lampu dihubungkan dengan speaker pintar melalui chip wifi yang tertanam di dalamnya, maka dengan itu kamu dapat menyalakan dan mematikan lampu dengan mudah hanya bermodalkan perintah suara.

Kini Teknologi IoT bahkan sudah sangat banyak diaplikasikan dalam bidang bisnis dan sudah banyak diterapkan pada sebuah pendekatan proses yang bertujuan untuk melakukan pelacakan serta diagnostik canggih untuk mendapatkan hasil maksimal.

Cloud

Salah satu bentuk teknologi transformasi digital lainnya adalah layanan cloud. Cloud merupakan penyimpanan digital yang dimanfaatkan untuk pengelolaan dan penyimpanan data yang menampung beragam data dalam jumlah besar sekalipun.

Melalui cloud, seseorang dimungkinkan untuk bisa menyimpan dokumen bahkan dari jarak jauh, meskipun tidak berada di ruang lingkup perusahaan dan memerlukan biaya yang sangat minim sehingga bagi sebuah perusahaan pemanfaatannya akan jauh lebih efisien dan efektif.

Cloud juga sudah digunakan oleh banyak orang saat ini, bahkan sudah disediakan cloud bandwidth terendah yang disiapkan untuk diakses orang per orangan.

Kolaborasi online

Teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang hadir dan berkembang untuk mengomunikasikan banyak orang dari jarak jauh. Teknologi ini yang memungkinkan adanya sistem work from home yang sekarang ini berkembang.

Misalkan dengan adanya WhatsApp, Zoom Meeting dan teknologi lain yang memungkinkan seseorang bisa berinteraksi dan bekerja kolaboratif meski tidak dalam satu ruangan atau gedung yang sama.

Tak hanya aplikasi meeting, aplikasi desain grafis seperti canva pun telah dilengkapi dengan fitur kolaborasi untuk mengerjakan sebuah project secara bersama dalam satu tim.

Teknologi visual

Teknologi visual dihadirkan agar seseorang bisa menikmati wajah baru CGI dengan teknologi canggih namun memerlukan biaya yang relatif murah.

Ada banyak contoh teknologi visual yang sudah berkembang. Salah satu contohnya yang sangat populer dan cukup berhasil pencapaiannya dalam transformasi digital adalah Deepfake. Teknologi yang satu ini merupakan bentuk transformasi digital yang sangat mengesankan karena bisa membangkitkan seorang Mark Hamill saat masih muda yang ada di Mandalorian.

Game

Selain keenam teknologi tadi, media interaktif juga tidak ketinggalan memanfaatkan transformasi digital. Perlu kamu tahu bahwa industri game yang pada tahun 2020 bernilai 173 miliar dollar, di tahun 2026 diperkirakan nilainya bisa mencapai 300 miliar dollar.

Dari tahun 2020 sampai tahun 2026 nanti diperkirakan akan muncul jutaan teknologi game baru yang dihadirkan memanjakan gamers dunia.

Peningkatan tersebut tidak lain dilakukan berdasarkan perkembangan budaya dan platform gamer online. Terlebih akan semakin banyak developer yang merambah dunia game seperti Twitch atau Steam yang saat ini sangat populer akan mengembangkan progress bisnisnya di kemudian hari.

Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Universitas York’s Lights, Camera, Computer – Action! tentang Bagaimana Teknologi Digital Mengubah Kursus Film, TV dan Game.

Contoh Transformasi Digital

Agar kita jadi lebih paham tentang transformasi digital, berikut kami berikan beberapa contoh produk transformasi digital yang berkembang dan sangat dekat dengan keseharian kita diantaranya:

Perangkat diagnostik

Salah satu contoh transformasi digital adalah perangkat diagnostik. Perangkat ini biasanya dipakai pada alat berat. Perangkat tersebut tersebar luas hampir di semua jenis manufaktur otomotif.

Biasanya perangkat diagnostik dikombinasikan dengan penggunaan mesin untuk menelaah dan menemukan masalah apa yang terjadi pada mesin sehingga jika ada kerusakan bisa diantisipasi dan diminimalisir sebelum mesin digunakan.

Perangkat diagnostik di kendaraan biasanya dikombinasikan dengan sistem manajemen armada untuk memudahkan para fleet manager dalam mngontrol dan mengatur kendaraan operasional mereka.

Teknologi black box

Teknologi yang satu ini biasanya terpasang di mobil sebagai bagian dari perangkat mobil. Jadi teknologi yang satu ini digunakan sebagai bentuk penjagaan sekaligus alat komunikasi antara perusahaan asuransi dengan mobil sehingga perusahaan asuransi dapat menerima informasi terkait kondisi suatu mobil yang dikendarai sebelum jatuh atau juga bisa digunakan untuk mengetahui lingkungan sekitar mobil berada.

Teknologi ini juga dapat membantu pengemudi untuk mengubah perilaku si pengemudi di jalan agar mengendarai mobil dengan cara yang aman.

Mata uang digital

Di dunia keuangan, kita bisa melihat dan menyaksikan kehadiran mata uang digital. Ada banyak teknologi mata uang digital yang sudah bisa dimanfaatkan mulai dari e-wallet seperti Ovo, ShopeePay, Dana dan lainnya.

Perkembangan e-wallet sebagai bagian dari teknologi mata uang digital yang dimanfaatkan dalam beragam transaksi kedepannya akan semakin berkembang pesat.

Pelatihan Untuk Membangun Perusahaan Dengan Transformasi Digital

Pelatihan Transformasi Digital

Perkembangan dan pentingnya transformasi digital dalam dunia bisnis tidak bisa kita hindari. Oleh sebab itu, agar perusahaan dan bisnis bisa berkembang tak boleh apatis dengan perkembangan transformasi digital yang ada dan berkembang secara natural..

Pemimpin dan pengelola perusahaan harus menerima dan ikut serta dalam budaya transformasi digital yang sangat diperlukan di era digital sekarang ini demi kelangsungan hidup perusahaan. Kita bisa lihat bagaimana banyaknya perusahaan yang tutup dan gulung tikar karena perilaku konsumen yang berubah sementara perusahaan tersebut masih tidak terbuka dengan perkembangan transformasi digital.

Agar tidak mengalami hal yang sama, kamu sebagai pengelola sebuah bisnis atau bahkan perusahaan wajib mengikuti perkembangan transformasi digital agar perilaku konsumen yang sudah berubah dapat dibendung.

Mulailah mempelajari segala macam proses, resiko dan solusi untuk beralih dari prosedural usaha yang sebelumnya dijalankan secara manual ke prosedural usaha yang dijalankan dengan pemanfaatan teknologi digital.

Sebagai contoh di bidang usaha menjual makanan cepat saji. Jika kamu pemilik restoran dan memiliki makanan cepat saji sementara sekarang musim hujan, kamu tidak boleh berdiam diri dengan menunggu pesanan datang karena di musim hujan banyak konsumen yang enggan datang langsung ke restoran cepat saji.

Solusinya, kamu bisa menyediakan layanan antar ke tempat konsumen agar di musim hujan konsumen tetap dapat menikmati hidangan yang kamu miliki tanpa harus pergi ke restoran terlebih dahulu. Gunakan dan omset kamu akan meningkat di era gempuran transformasi digital seperti sekarang ini.

Intinya, transformasi digital bukan untuk membunuh para pelaku bisnis. Justru transformasi digital hadir untuk membantu pelaku bisnis dan memudahkan konsumen untuk menjangkau segala sesuatunya agar yang jauh bisa jadi semakin dekat dan yang sulit bisa dijangkau semakin mudah.

Tahun 2020 Sebagai Penggerak Transformasi Digital di Indonesia

Kalau bicara tentang transformasi digital di Indonesia, kita akan bicara tentang apa yang terjadi di Indonesia dan bahkan pada beberapa negara di dunia tahun 2020.

Adanya covid-19 menjadikan masyarakat harus mulai beradaptasi dengan perubahan yang ada. Tidak bisanya datang ke supermarket karena pembatasan sementara kebutuhan pangan selalu meningkat dari hari ke hari.

Tidak diperbolehkannya masyarakat datang ke tempat wisata, sementara kebutuhan healing dan wisata terus ada, karena stress bisa terjadi kapan saja dan kebutuhan liburan diperlukan siapa saja. Lantas, bagaimana solusinya dengan masalah – masalah tersebut?

Solusinya adalah digempurnya pasar e-commerce yang membuat masyarakat bisa berbelanja hanya dari rumah. Sekali tap dengan memanfaatkan ponsel untuk pemesanan, e-wallet untuk pembayaran dan kurir antar pesanan untuk mengantar pesanan sampai di rumah maka produk yang dibutuhkan dan dibeli sudah bisa sampai di tangan konsumen secara cepat.

Kemudian soal kebutuhan wisata, melalui adanya covid muncul banyak tren wisata bersama yang dirasakan dari rumah menggunakan kacamata 4D sehingga seseorang bisa merasa sedang berwisata hanya dengan menonton video wisata dari rumah.

Jadi tahun 2020 tidak hanya menjadi tahun covid-19 di Indonesia melainkan juga menjadi tahun kilas balik transformasi digital yang ada di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dengan adanya transformasi digital yang peranannya sangat penting dan memiliki berbagai manfaat pada kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang bisnis. Semoga apa yang kami sampaikan terkait pentingnya transformasi digital bisa diterima dan menambah wawasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

three × five =