Benda-benda Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelum membahas tentang elektromagnetik dalam kehidupan sehari – hari, kita akan mengenal tentang elektromagnetik itu sendiri terlebih dahulu. Jadi apa yang dimaksud dengan elektromagnetik?

Elektromagnetik adalah suatu peristiwa perubahan sifat logam besi atau baja menjadi sebuah medan magnet di dalam kumparan yang bermuatan listrik. Ada banyak produk atau benda yang memanfaatkan sifat elektromagnetik dalam kehidupan sehari – hari.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya. Berikut beberapa penerapan sifat elektromagnet yang menghasilkan benda – benda bermuatan listrik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari manusia. Let’s check these out!

Elektromagnetik dalam Kehidupan Sehari – Hari

Mikrofon

mikrofon

Mikrofon merupakan salah satu benda yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik yang mana benda ini mengubah energi suara menjadi energi listrik.

Cara kerjanya adalah ketika suara memasuki mikrofon, suatu gelombang berupa membran plastik muncul melewati diafragma mikrofon tersebut. Membran tersebut kemudian akan bergetar seiring dengan masuknya volume gelombang suara ke dalam mikrofon.

Nah, di dalam mikrofon tepatnya di belakang diafragma ada suatu bagian lain yang bernama voice coil. Voice coil inilah yang pada saat bersamaan akan bergetar juga. Setelah voice coil bergetar, gelombang bunyi akan bergesekan dengan medan magnet yang kemudian memunculkan suatu energi listrik di dalam magnet. Dari sanalah gelombang bunyi diubah menjadi gelombang suara.

Gelombang suara tersebut baru akan keluar dan terdengar oleh khayalak ramai setelah listrik yang terdapat di dalam medan magnet bergerak ke arah amplifier pada mikrofon. Ya, proses suara sampai terdengar dari suatu alat atau benda yang bernama mikrofon ini memang cukup panjang karena banyak bagian atau komponen penunjang yang bekerja dengan prinsip elektromagnetik di dalamnya.

Pengeras suara

elektromagnetik pengeras suara

Pengeras suara merupakan suatu benda yang memiliki komponen utama berupa magnet lengkap dengan elektromagnetik sebagai daya penyokongnya. Magnet tersebut terpasang secara permanen pada pengeras suara.

Cara kerjanya benda yang memanfaatkan sifat elektromagnetik ini bagaimana?

Pengeras suara bekerja dengan memanfaatkan komponen voice coil untuk menciptakan medan elektromagnetik khusus yang nantinya berinteraksi dengan komponen cone di dalam magnet dan akhirnya berubah menjadi energi bunyi dimana bunyinya dapat kita dengar.

Bunyi yang dihasilkan oleh pengeras suara menjadi sangat keras karena aliran listrik yang terdapat di dalam voice coil menciptakan medan magnet yang berubah dengan sangat cepat.

Dinamo sepeda

Dinamo pada sepeda menjadi penggerak untuk membuat lampu sepeda menyala. Lampu dapat menyala karena adanya energi listrik yang dihasilkan oleh dinamo. Bagaimana cara dinamo menghasilkan energi listrik?

Energi listrik pada dinamo sepeda dihasilkan oleh roda ketika roda pada sepeda tersebut bergerak atau digerakkan. Pergerakan dari roda sepeda itu sendiri memutar turbin dinamo yang kemudian memutarkan magnet di dalam kumparan tetap.

Perputaran magnet itulah yang menghasilkan medan elektromagnetik dan secara perlahan dapat menghasilkan suatu energi listrik. Energi listrik itulah yang menjadikan lampu akhirnya menyala.

Bel listrik

Umumnya bel listrik digunakan di sekolah, pintu halaman rumah, dan juga acara perlombaan tertentu. Bunyi nyaring yang dihasilkan oleh bel listrik sendiri berasal dari suatu aliran listrik yang muncul ketika tombol pengaktifan ditekan.

Selanjutnya ketika tombol pengaktifan tersebut ditekan, aliran listrik memberikan energi elektromagnetik menuju interuptor dan interuptor tersebut selanjutnya bertugas menarik pemukul pada bel listrik sehingga bunyi nyaring dihasilkan.

Lalu bagaimana jika tombol pengaktifannya berhenti ditekan?

Jika tombol pengaktifan pada bel listriknya berhenti ditekan maka secara otomatis listrik berhenti mengalir sehingga bunyi nyaring yang dihasilkan pun berhenti berbunyi.

Alat pengangkat besi

Prinsip elektromagnetik yang bekerja pada alat pengangkat besi menggunakan magnet sementara material besi menjadi benda yang ditarik oleh magnet tersebut.

Biasanya alat pengangkat besi ini digunakan sebagai alat bantu dalam bidang industri seperti pada industri pemilah sampah logam, industri logam berat atau di industri besi kemas. Alat ini digunakan untuk mengangkat besi kemas, sampah logam atau pun logam berat pada industri tersebut.

Cara kerjanya bagaimana?

Cara kerja alat pengangkat besi sampai alat ini bisa mengangkat berbagai benda yang dapat menarik magnet adalah dengan mengalirkan listrik terhadap  kumparan yang dililitkan terhadap sebuah logam besar. Ketika listrik mengalir, kumparan akan memiliki muatan magnet yang dapat menarik material logam.

Sifat kemagnetan tersebut akan bertahan selama listrik masih disalurkan pada kumparan. Kemudian jika aliran listrik diputus, logam yang semula telah diangkat pun dilepaskan. Biasanya aliran listrik akan diputus jika benda logam yang diangkat sudah berada pada titik kumpul yang telah ditentukan.

Pintu kulkas

Bagaimana prinsip elektromagnetik diterapkan pada pintu kulkas? Penerapan prinsip elektromagnetik pada pintu kulkas sangat sederhana.

Umumnya di sekitar permukaan pintu kulkas telah terpasang magnet yang akan bertugas menarik material besi pada penampang pintu. Nah, gaya tarik menarik inilah yang kemudian membuat pintu kulkas dapat menutup dengan sangat kuat dan rapat.

Papan catur

Sama halnya dengan penerapan prinsip elektromagnetik pada pintu kulkas yang sederhana, penerapan prinsip elektromagnetik pada papan catur juga sederhana. Pada papan catur, kamu akan menemukan pionnya tidak mudah jatuh karena ada sifat kemagnetan pada papan. Bagaimana sifat kemagnetan tersebut diterapkan?

Pada papan kayu catur, bagian alasnya dibuat dengan bahan dasar besi. Kemudian pada pion catur, di bagian bawah pion tersebut terdapat bidak kayu yang telah dibubuhi oleh magnet tetap. Dengan begitu, ketika pion catur diletakkan di atas papan catur tidak akan mudah jatuh karena adanya sifat tarik menarik antara magnet tetap pada bidak kayu pion dengan besi pada bagian alas.

Kunci pintu listrik

Prinsip elektromagnetik yang bekerja pada kunci pintu listrik memiliki koil yang terbuat dari jenis solenoida dan tersambung ke sakelar yang ada di dalam rumah. Jika kamu tekan bagian sakelarnya, arus listrik akan mengalir ke solenoida.

Elektromagnet yang muncul akan mampu menarik kunci besi sehingga pintunya dapat dibuka dari luar.

Kompas

Kompas merupakan suatu alat yang digunakan untuk menunjukkan suatu arah agar seseorang tidak tersesat.

Sebagaimana bumi yang memiliki medan magnet sendiri, kompas pun memiliki jarum yang mana jarum tersebut selalu mengikuti medan magnet pada bumi sehingga jarum pada magnet bekerja untuk menunjukkan arah utara dan selatan secara konsisten.

Mengapa harus arah utara dan selatan yang ditunjukkan oleh kompas? Hal tersebut terjadi karena medan magnet pada bumi memiliki kapasitas yang sangat besar di arah utara dan selatan sehingga pembuatan kompas pun disesuaikan.

Kamu yang selalu menggunakan kompas tak perlu khawatir arahnya salah karena dalam proses produksinya, kompas yang diproduksi telah dimodifikasi dengan akurasi ketepatan petunjuk arah yang otentik sehingga tidak akan tertukar arahnya.

Metal detector

metal detector

Apa itu metal detector? Metal detector merupakan suatu alat yang dipakai untuk mendeteksi seseorang membawa senjata atau tidak. Biasanya metal detector ini bisa kita temukan pada pertokoan, bioskop, pusat pemerintahan atau pusat keramaian lain untuk meminimalisir terjadinya kerusuhan akibat pengunjung yang membawa senjata tajam.

Cara kerjanya adalah pada metal detector terdapat detektor logam yang memiliki kumparan besar dan kumparan tersebut berfungsi membawa arus listrik. Senjata logam akan terdeteksi karena senjata tersebut mampu mengubah gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh kumparan.

Jika seseorang terbukti membawa senjata logam dan melewati metal detector tersebut, alarm detector akan berbunyi. Sementara jika seseorang tidak membawa senjata logam maka alarm detector tidak akan berbunyi meski orang tersebut melewati metal detector.

Kesimpulan

Ada banyak benda di sekitar kita yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dalam kehidupan sehari – hari. Cara kerjanya pun bervariasi ada yang menerapkan prinsip elektromagnetik sederhana, ada juga yang menerapkan prinsip elektromagnetik kompleks dan semua itu sangat bermanfaat.

Leave a Comment

7 + 3 =

Sticky Artikel

Artikel Terbaru

Sumber Energi Listrik Apa Saja

Sumber Energi Listrik Apa Saja?

Energi listrik sangat penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Tanpa listrik, berbagai peralatan dapur yang kita gunakan sehari – hari, alat elektronik yang dipakai berkomunikasi, alat

Read More »
%d bloggers like this: